Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong dan Luis Milla di Timnas Indonesia

Selasa, 20 September 2022 - 08:01 WIB
loading...
Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong dan Luis Milla di Timnas Indonesia
Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong dan Luis Milla di Timnas Indonesia. Foto: iNews
A A A
JAKARTA - Shin Tae-yong sampai saat ini memang menjadi salah satu juru taktik Timnas Indonesia yang telah meraih cukup banyak prestasi selama masa kepelatihannya.

Jauh sebelum Shin Tae-yong, Luis Milla sempat menjadi pelatih Timnas Indonesia pada tahun 2017 lalu. Bila dilihat dari raihan prestasinya siapakah dari kedua pelatih ini yang punya capaian yang lebih mentereng dalam membawa Timnas Indonesia? Berikut ini ulasannya.

Baca Juga: Persiapan Timnas Indonesia Hadapi Laga Persahabatan Melawan Curacao

Semenjak melatih Tim Garuda pada tahun 2019 lalu, Shin Tae-yong langsung berhasil membawa Timnas ke babak final Piala AFF 2020.

Ini merupakan sebuah capaian yang meningkat ketimbang pada tahun 2018 yang harus tersingkir di babak penyisihan ketika masih dilatih Luis Milla.

Sayangnya pada kompetisi ini Timnas Indonesia gagal membawa pulang gelar juara dan hanya meraih posisi runner up karena harus kalah dari Thailand.

Kemudian pada SEA Games 2021, Shin Tae-yong berhasil mempersembahkan perunggu untuk Tim Merah Putih. Kala itu Timnas berhasil mengalahkan musuh bebuyutannya Malaysia dalam drama adu penalti dengan skor 5-4 demi meraih posisi ketiga.

Capaian ini juga termasuk sama yang pernah ditorehkan Luis Milla pada tahun 2017 lalu juga sempat mengantarkan Indonesia finis di posisi ketiga dengan mengalahkan Myanmar dengan skor 3-1.

Prestasi membanggakan Shin Tae-yong berikutnya datang dari berhasilnya Indonesia untuk lolos Piala Asia 2023. Tim Garuda berhasil masuk menjadi lima runner-up terbaik yang memastikan lolos ke Piala Asia 2023.

Torehan inilah yang gagal diperoleh Luis Milla kala itu. Dalam Piala AFC U 23 Pelatih berdarah Spanyol ini hanya dapat membawa Indonesia meraih posisi ke tiga dan gagal lolos.

Sementara untuk prestasi yang paling bisa dibanggakan oleh Shin Tae-yong adalah mampu membawa Indonesia untuk naik 20 posisi di ranking FIFA.

Hal ini membuat sang Garuda yang sebelumnya tercecer di urutan ke 175 dunia mampu meroket ke posisi 155 dunia hingga dapat masuk ke Pot 4 di Piala Asia 2023.

Sedangkan Luis Milla dalam 34 laga yang sudah dijalani berhasil membawa Indonesia meraih 14 kemenangan, 11 kekalahan, dan sembilan hasil imbang.

Timnas Indonesia kala itu berada di peringkat 164 FIFA, sementara di awal penunjukan Milla, Indonesia menempati posisi 160.

Itulah perbandingan kedua juru taktik Timnas Indonesia selama masa kepelatihannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Shin Tae-yong memang lebih unggul dalam pencapaiannya terhadap perkembangan dan perolehan prestasi Tim Merah Putih ketimbang Luis Milla.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)