Jelang Persib vs Persija, Viking Sambut Hangat Jakmania Datang ke GBLA

Rabu, 21 September 2022 - 08:03 WIB
loading...
Jelang Persib vs Persija, Viking Sambut Hangat Jakmania Datang ke GBLA
Ketua Viking Frontline Boys Club, Tobias Ginanjar menyambut positif rencana suporter Persib Bandung dan Persija Jakarta duduk bersama di satu stadion / Foto: Screenshot Instagram Tobias Ginanjar
A A A
JAKARTA - Ketua Viking Frontline Boys Club, Tobias Ginanjar menyambut positif rencana suporter Persib Bandung dan Persija Jakarta duduk bersama di satu stadion. Menurutnya, ide tersebut justru merupakan terobosan bagus untuk mencegah insiden akibat rivalitas.

Belum lama ini Bobotoh sebutan suporter Persib dan Aremania (Arema FC) terlihat harmonis saat Maung Bandung berhadapan melawan Arema pada laga lanjutan Liga 1 2022-2023, pada 11 September 2022. Kemudian, ramai wacana di media sosial bahwa hal serupa akan terjadi di laga Persib kontra Persija yang akan berlangsung usai jeda internasional.

Tobias selaku tokoh terpandang di kalangan Bobotoh pun menyambut baik wacana tersebut. Menurutnya, itu merupakan ide cemerlang untuk mencegah adanya korban jiwa seperti yang sudah terjadi di masa lalu.

BACA JUGA: Nasib Vietnam Lolos ke Piala Dunia U-20 2023 di Tangan Indonesia?

Sebab jika salah satu suporter tidak diizinkan datang, maka akan ada suporter yang pergi tandang secara diam-diam, dan berujung pada insiden yang tidak diinginkan, seperti yang terjadi pada kasus tewasnya suporter Persija, Almarhum Haringga Sirila pada 2018. "Jika melihat sebelumnya kan pendukung kedua kesebelasan tidak boleh hadir, main di Jakarta kami tidak boleh hadir, begitu juga sebaliknya, dan ternyata ada beberapa suporter yang pergi diam-diam," kata Tobias dikutip Youtube Bola Bung Binder, Rabu (20/9/2022).

"Lalu ketahuan akhirnya meninggal dunia, saya tidak ingin ada kejadian seperti itu lagi, jadi perlu ada terobosan baru, perlu ada koordinasi dengan pihak kepolisian, kalau kepolisian siap mengapa tidak," tambah anggota DPRD Jawa Barat tersebut.

"Gak usah bicara perdamaian dulu, yang penting suporter bisa menyaksikan di stadion manapun, terlepas dari nanti di stadion ada bumbu-bumbu seperti apa, selama masih dalam pengawasan kepolisian saya rasa masih bisa teratasi," tuturnya.

BACA JUGA: Persebaya Surabaya Tantang Arema FC, Aji Santoso Benahi Mental Pemain

Lebih lanjut, Tobias mengatakan bahwa baik Viking maupun Bobotoh harus bisa bersikap dewasa menyambut suporter manapun. Sebab setiap suporter memiliki hak yang sama untuk menyaksikan tim kesayangannya secara langsung.

"Saya tidak muluk-muluk bicara soal perdamaian, tetapi hakikatnya suporter pasti ingin melihat tim kesayangannya bertanding, tentunya ketika kita ingin melihat laga di stadion manapun, kita harus membuka diri," imbuh Tobias.

Laga Persib kontra Persija dijadwalkan berlangsung pada 2 Oktober 2022 mendatang. Laga pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 itu akan dihelat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage, Bandung.

(yov)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1759 seconds (11.252#12.26)