Pukul Belgia, Tim AS Siap Terkam Puerto Riko

Kamis, 22 September 2022 - 22:38 WIB
loading...
Pukul Belgia, Tim AS Siap Terkam Puerto Riko
Tim basket putri AS siap terkam Puerto Riko di Piala Dunia Basket Wanita FIBA. Foto: Instagram/@usabasketball
A A A
SYDNEY - Tim Amerika Serikat (AS) mengawali misi merebut titel kelima Piala Dunia Basket Wanita FIBA secara beruntun dengan menjinakkan Belgia di laga perdana Grup A, 87-72, Kamis (22/09/2022). Setelah Belgia, pasukan Cheryl Reeve bakal menjajal kekuatan Puerto Riko, Sydney Super Dome, Jumat (23/09/2022).

Kemenangan atas Puerto Riko tentu saja akan membuka lebar peluang AS melaju ke perempat final. Meski kekuatan Puerto Riko di bawah Breanna Stewart dkk, kemenangan atas 82-58 Bosnia Herzegovina, membuat percaya diri mereka melonjak.

Baca Juga: PP Perbasi Panggil 38 Pemain Perkuat Timnas di SEA Games Kamboja 2023

Penampilan AS saat meladeni Belgia layak diacungi jempol. Pelatih Reeve masih mengunggu kedatangan tiga pemainnya dari Las Vegas. Chelsea Gray, A'ja Wilson serta Kelsey Plum masih berpesta setelah klubnya meraih juara WNBA. Hanya mempunyai 9 pemain tidak membuat kekuatan AS berkurang.

Sang Kapten, Stewart, tampil memukau dengan mencetak 22 poin dan menyumbang 4 rebound. Aplaus juga layak diberikan kepada debutan Piala Dunia Alyssa Thomas amat ciamik pada laga itu dengan triple-double, 14 asis dan 7 rebound dalam 27 menit di lapangan.

“(Penampilan seperti) Itu yang saya harapkan dari Alyssa, dan itu merupakan apa yang (bisa) dia lakukan,” ujar Reeve dalam konferensi pers setelah pertandingan. “Dia (Alyssa) sangat kompetitif dan tahu bagaimana bermain,” imbuhnya.

Stewart, sangat bangga dengan hasil positif atas Belgia. Kemenangan menunjukkan misi AS di Australia. “Permainan kami baik, dan hasilnya sesuai yang kami harapkan, (permainan kami) tidak sempurna dan butuh perbaikan, untuk laga berikutnya,” ujar Stewart yang mendampingi Reeve saat konferensi pers.

“Saya respek dengan Belgia, mereka memberikan perlawanan yang cukup menyulitkan. Kini, kami antusias meladeni lawan berikutnya (Puerto Riko),” imbuh Stewart.

Sementara itu, sukses Puerto Riko memukul Bosnia-Herzegovina 82-58, merupakan kemenangan pertama mereka dalam sejarah Piala Dunia. Dan, tentu saja ini menjadi suntikan moral untuk bersua AS. Arella Guirantes tampil luar biasa dengan menyumbang 26 poin, 9 rebound dan 8 asis.
Pada laga pamungkas hari pertama Grup A Piala Dunia Basket Wanita FIBA 2022 China memukul telak Korea Selatan 107-44. Di pertandingan berikutnya, China bersua Belgia dan Korea Selatan meladeni Bosnia – Herzegovina.

Pada laga di Grup B, tim tuan rumah Australia membuka perjalanan mereka dengan mengecewakan. Lauren Jackson dkk dipermalukan Prancis 57-70. Namun di laga tersebut Jackson berhasil mencetak angka, sehingga membukukan rekor dengan torehan 600 poin di Piala Dunia. Jackson, 41 tahun, menjadi pemain ketiga yang mampu membukukan prestasi tersebut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0672 seconds (10.177#12.26)