3 Tim Yang Dilatih Shin Tae-yong dengan Prestasi Mengguncang Asia

Jum'at, 23 September 2022 - 06:48 WIB
loading...
3 Tim Yang Dilatih Shin Tae-yong dengan Prestasi Mengguncang Asia
3 Tim Yang Dilatih Shin Tae Yong dengan Prestasi Mengguncang Asia/PSSI/Korea Herald
A A A
Tiga tim yang dilatih Shin Tae-yong meraih prestasi yang mengguncang jagat sepak bola Asia akan dibahas dalam artikel ini. Shin Tae-yong yang juga biasa dipanggil dengan nama singkatan STY saat ini melatih Timnas Indonesia.

Selain Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga pernah berkarier melatih tim lain dengan prestasi yang mengejutkan. Berikut tiga tim yang dilatih Shin Tae-yong dengan prestasi mengejutkan mengguncang Asia.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia vs Curacao di FIFA Matchday: Dongkrak Ranking Skuad Garuda

1. Seongnam Ilhwa Chunma
Seongnam Ilhwa Chunma adalah klub sepak bola asal Korea Selatan yang didirikan pada tahun 1989. Seongnam bermain di kasta tertinggi liga Korea Selatan atau divisi utama dari K-League dengan nama Seongnam FC, bermarkas di Seongnam, Korea Selatan.
Sebelum menjadi pelatih, Shin Tae Yong pernah menjadi pemain untuk Seongnam FC dalam kutun waktu 1992 hingga 2004.

Sebelum gantung sepatu pada tahun 2009, Shin Tae-yong pernah mendapat amanah menjadi manajer sementara Seongnam FC.
Karena kinerja dan performa sangat memuaskan dan menjanjikan membuat klub setuju menjadikan Shin Tae-yong sebagai manajer permanen. Shin Tae Yong berhasil meraih beberapa gelar prestasi bersama Seongnam Ilhwa, yaitu Liga Champions Asia pada tahun 2010 dan Piala FA Korea tahun 2011. Setelah bertahan beberapa musim, ia pun hengkang pada tahun 2012.

2. Timnas Korea Selatan
Sebelum menangani Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pernah melatih Timnas Korea Selatan dari berbagai kelompok umur seperti timnas U-23, timnas U-20 hingga timnas senior. Bersamaan dengan tiga kelompok umur timnas di atas, Shin Tae-yong berhasil mengantarkan timnas senior Korea Selatan juara pada EAFF Championship atau Piala AFF-nya Asia Timur.

Sebelumnya pada tahun 2014, Shin Tae-yong sempat menjadi asisten manajer timnas Korea Selatan. Tak lama kemudian, ia didaulat menjadi manajer sementara timnas Korea Selatan dan juga sempat menjadi arsitek timnas Korea Selatan U-23 dan U-20.
Selain itu pada tahun 2017, Shin Tae-yong membawa timnas senior Korea Selatan yang akan berlaga di ajang Piala dunia 2018 Rusia, yang mana pada saat itu Korea Selatan tampil sangat mengejutkan setelah berhasil mengalahkan Jerman dengan skor 2-0.

3. Timnas Indonesia
Tak hanya melatih Timnas Indonesia senior, Shin Tae Yong juga turut menjadi pelatih timnas U-19 hingga timnas U-23. Hal tersebut diketahui dari pernyataan ketua umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan. Keputusan tersebut dinyatakan setelah melakukan diskusi dengan para Exco PSSI bersama pelatih asal Korea Selatan tersebut. Kabar tersebut menjadi tiupan angin sejuk untuk pecinta sepak bola Indonesia yang sejauh ini sangat puas dengan kinerja Shin Tae-yong.

Baca Juga: PSSI Ungkap Alasan Pilih Curacao Jadi Lawan Indonesia di FIFA Matchday

Berbagai pengalaman dan prestasi telah dihasilkan pelatih berumur 52 tahun tersebut yang membuat pecinta sepak bola Indonesia menaruh harapan besar yang kian menerang dengan masuknya Shin Tae-yong. Sejumlah prestasi yang mengguncang jagat sepak bola Asia ditorehkan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

Sampai saat ini, tercatat nyata prestasi yang dibawa oleh Shin Tae Yong, mulai dari runner-up Piala AFF 2020, perunggu SEA Games 2021, naik 20 ranking FIFA kurang dari satu tahun, timnas Indonesia tampil epik dalam kualifikasi Piala Asia 2023, lolos Piala Asia 2023 yang mana prestasi ini merupakan penantian panjang setelah terakhir kali timnas Indonesia lolos Piala Asia pada tahun 2007. Terbaru, Shin Tae-yong meloloskan Timnas Indonesia U-19 ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. (MG/Nurul Faiza Ridha Vadellah)
(aww)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1606 seconds (10.177#12.26)