Hasil Kualifikasi MotoGP Jepang 2022: Comeback! Marc Marquez Pole Position

Sabtu, 24 September 2022 - 15:19 WIB
loading...
Hasil Kualifikasi MotoGP Jepang 2022: Comeback! Marc Marquez Pole Position
Marc Marquez Pole Position di Kualifikasi MotoGP Jepang 2022. Foto: Reuters/David Goldman
A A A
MOTEGI - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez berhasil menyabet pole position di MotoGP Jepang 2022. Hasil itu didapat setelah mencatatkan waktu 1 menit 55,214 detik di sesi kualifikasi MotoGP Jepang 2022.

Sesi kualifikasi MotoGP Jepang 2022 dilangsungkan di Sirkuit Motegi, Jepang pada Sabtu (24/9/2022) siang WIB. Sesi ini sempat tertunda beberapa saat lantaran derasnya hujan yang mengguyur Sirkuit Motegi.

Baca Juga: Marc Marquez Pakai Helm Spesial di Sirkuit Motegi

Pada awal sesi kualifikasi, dua pembalap Duati Pramac, Jorge Martin dan Johann Zarco berebut catatan waktu tercepat. Keduanya sempat bergantian memimpin di tujuh lap awal sesi kualifikasi.

Pada tikungan ke-14, Takaaki Nakagami (LCR Honda) terjatuh dan dikabarkan tak bisa melanjutkan balapan. Situasi serupa juga terjadi pada Enea Bastianini (Gresini Ducati) tak lama berselang setelah insiden Nakagami.

Sementara itu, posisi Zarco dan Martin tak bisa disentuh di sesi kualifikasi pertama (Q1). Kedua pembalap itu disusul Marco Bezzecchi (Mooney VR46), Franco Morbidelli (Yamaha Monster Energy), dan Enea Bastianini secara berurutan di zona lima besar.

Akhirnya, Zarco menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi pertama dengan catatan waktu 1 menit 55,300 detik. Zarco disusul rekannya Martin, yang tertinggal +0,495 detik menuju sesi kualifikasi kedua (Q2).

Memasuki sesi kualifikasi kedua, Zarco langsung tampil trengginas dengan mencatatkan waktu 1 menit 56,076 detik. Zarco disusul pembalap Prancis lainnya, Fabio Quartararo (Yamaha Monster Energy) yang menempati urutan kedua.

Namun, setelah tiga putaran berlalu, Marc Marquez (Repsol Honda) menunjukkan tajinya. The Baby Alien -julukan Marc Marquez- berhasil menggeser posisi Quartararo dan Zarco sekaligus. Dengan catatan waktu 1 menit 55,698 detik, Marquez memimpin.

Di sudut lain, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) berada di urutan ke-12 memasuki putaran kelima Q2. Pembalap asal Italia itu tertinggal jauh dari Marquez, dengan selisih waktu +3,325 detik.

Pada putaran keenam, Miguel Oliveira (Red Bull KTM) yang mencoba menggapai catatan waktu Marquez justru terjatuh. Pembalap asal Portugal tersebut pun kehilangan banyak waktu karena insiden itu.

Memasuki akhir sesi Q2, Marquez berhasil mempertahankan posisinya. Pada akhirnya, pembalap yang sempat absen akibat cedera lengan itu sukses menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 55,214 detik.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1497 seconds (10.55#12.26)