3 Pemain Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri tapi Tak Dilirik Shin Tae-yong

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 07:02 WIB
loading...
3 Pemain Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri tapi Tak Dilirik Shin Tae-yong
3 Pemain Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri tapi Tak Dilirik Shin Tae-yong. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia senior, Shin Tae Yong, kerap kali memberikan kesempatan bagi para pemain Tanah Air yang bermain di luar negeri untuk dipanggil ke skuadnya. Bahkan, beberapa di antaranya menjadi pemain andalan, seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman dan Saddil Ramdani.

Akan tetapi, masih banyak pemain asli Indonesia yang berkarier di luar negeri tetapi belum dilirik oleh juru taktik asal Korea Selatan itu untuk membela tim senior Timnas Indonesia . Salah satunya adalah wonderkid yang sempat bermain di Belanda, yakni Bagas Kahfi.

1. Bagus Kahfi
3 Pemain Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri tapi Tak Dilirik Shin Tae-yong

Bagas Kahfi merupakan salah satu talenta terbaik yang dimiliki Indonesia. Dia merupakan jagoan Timnas Indonesia di kategori U-16 yang membukukan 16 gol dari 15 pertandingan.

Lalu, ketika dibawa Bima Sakti ke Timnas U-19, pemain kelahiran 16 Januari 2022 itu kembali tampil gacor. Dia menorehkan empat gol dari lima penampilan.

Namun, selama Shin Tae Yong menukangi Timnas Senior, Bagus Kahfi sama sekali belum pernah mendapatkan panggilan. Padahal, dia sudah menimba ilmu di Utrecht FC di Liga Belanda dan kini berseragam Asteras Tripoli, yang tampil di divisi utama Liga Yunani.

Sebelumnya, Bagus Kahfi sempat diberi kesempatan oleh STY tampil di Timnas U-23 dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 yang berlangsung pada Oktober 2021 lalu. Akan tetapi, dia gagal membukukan satu gol pun dalam dua pertandingan kontra Australia.

Kendati demikian, usianya masih 20 tahun sehingga kesempatan untuk dipanggil ke Timnas Senior masih terbuka lebar. Kemungkinan besar, STY belum mau menggunakan jasanya karena dia sempat berkutat cukup lama dengan cedera sehingga belum mencapai performa terbaiknya lagi.

2. Khoirul Imam Zakiri
3 Pemain Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri tapi Tak Dilirik Shin Tae-yong

Khoirul Imam Zakiri merupakan nama pemain muda lainnya yang belum mendapatkan kesempatan tampil di Timnas Senior dari STY. Padahal, namanya sempat melambung ketika dia bergabung dengan klub kasta kelima Liga Spanyol, CP Villarrobledo, pada Juli 2021 lalu.

Mantan pemain Timnas U-19 ini pun sudah lama meniti karier di Negeri Matador. Dia sempat menimba ilmu di tim muda Real Valladolid hingga Leganes.

Kali terakhir Imam Zakiri bermain untuk Timnas U-19 pada Oktober 2020 lalu. Kala itu, pasukan Shin Tae Yong melakukan laga uji coba dengan Timnas Makedonia Utara U-19.

Sayangnya, sampai saat ini namanya tak kunjung dilirik ke Timnas Senior oleh STY. Bahkan, sekarang dia sudah kembali ke Indonesia dan bergabung dengan Persita Tangerang pada Juni 2022 lalu.

3. David Maulana
3 Pemain Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri tapi Tak Dilirik Shin Tae-yong

Talenta muda lainnya yang bermain di luar negeri tetapi belum dipanggil STY ke Timnas Senior adalah David Maulana. Seperti diketahui, jebolan Garuda Select ini sempat berkarier di Liga Kroasia ebersama HNK Rijeka dan NK Pomorac.

Akan tetapi, pemain berusia 20 tahun itu hanya sering tampil di tim junior saja. Tercatat, dia sama sekali belum melakukan debut di tim senior dari kedua klub tersebut.

Bahkan, sekarang David sudah kembali ke Tanah Air. Dia kini berseragam Bhayangkara FC dan sudah empat kali tampil di Liga 1 2022/2023.

Terakhir kali David masuk ke dalam skuad STY adalah di Timnas U-19 pada Oktober 2020 lalu. Ketika itu, dia ditunjuk sebagai kapten dalam laga persahabatan kontra Timnas Makedonia Utara U-19.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3418 seconds (0.1#10.140)