Arema FC vs Persebaya: Strategi Roca Bungkam Bajul Ijo

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 05:03 WIB
loading...
Arema FC vs Persebaya: Strategi Roca Bungkam Bajul Ijo
Pelatih Arema FC Javier Roca siap meredam permainan cepat Persebaya/Foto/MPI
A A A
MALANG - Arema FC menyiapkan strategi khusus menjamu Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022) pukul 20.00 WIB. Pelatih Singo Edan Javier Roca siap meredam permainan cepat bola dari kaki ke kaki sebagai ciri khas Bajul Ijo.

"Mereka ( Persebaya ) punya ciri khas permainan dari tahun dua tahun lalu yang dipegang coach Aji Santoso. Main cepat, bola-bola pendek, yang harus kami antisipasi. Harapannya koneksi antara pemain itu coba kami putus," kata Javier Roca.

Baca juga: Qatar Tuan Rumah Piala Asia U-23 2024, AFC Hapus Prokes Covid-19

Pelatih asal Cile itu kini fokus membangun kekuatan timnya. Secara permainan dia menginstruksikan untuk pemain bisa pegang bola lebih lama dan memulai serangan cepat.

"Kami fokus di permainan kami. Kami paham jika satu tim yang biasanya nyaman dengan ball possesion, kalau kita ambil bola dan kami yang ball possesion mereka nggak nyaman," ucapnya.

Baca juga: Timnas Indonesia U-17 Siap Tempur di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Roca juga mengakui telah mempersiapkan kekuatan fisik pemainnya saat jeda kompetisi Liga 1 demi menghadapi Persebaya. Bahkan saat jeda kompetisi, ia sempat meliburkan latihan tim selama tiga hari demi memulihkan kondisi fisik dan mental pemainnya.

Meski demikian selama beberapa hari latihan, kondisi fisik pemainnya belum sepenuhnya langsung bisa fit ke 100 persen. Namun dia bertekad menjelang pertandingan melawan Arema FC hal itu bisa tercapai.

"Yang sekarang kami lakukan adalah bagaimana mereka bisa kembali bugar, dan bisa mulai (mengembalikan kondisi fisik), bukan dari 30 persen ke atas, kalau 100 persen tak mungkin. Paling tidak untuk pertandingan ini (melawan Persebaya). Dan sisanya sebelum jeda sebelum tanggal 12 Desember, akan kita siapkan materi latihan yang bisa lebih fresh di dalam permainan," jelas pelatih berusia 45 tahun ini.

Arema FC baru saja mendulang kemenangan pertamanya usai hasil buruk di tiga laga sebelumnya tak meraih kemenangan sekalipun. Arema FC kini terseok-seok di posisi 9 klasemen sementara dengan torehan 14 poin dari 10 laga yang dilakoninya.

Sedangkan calon lawannya Persebaya Surabaya tambah lebih parah. Skuad besutan Aji Santoso ini kalah beruntun di tiga laga terakhir. Persebaya berada di papan bawah klasemen sementara dengan mengoleksi 10 poin, dari raihan tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan enam kekalahan.

(sha)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1855 seconds (11.210#12.26)