Jelang Arema FC vs Persebaya Surabaya: Aji Santoso Sentil Mental Pemain Muda di Derbi Jatim

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 11:01 WIB
loading...
Jelang Arema FC vs Persebaya Surabaya: Aji Santoso Sentil Mental Pemain Muda di Derbi Jatim
Pelatih Persebaya, Aji Santoso (kiri) menjawab pertanyaan jurnalis menjelang Derbi Jatim melawan Arema FC. Foto: SINDOnews/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Persebaya Surabaya akan mengandalkan banyak pemain muda saat menghadapi Arema FC dalam laga bertajuk Derbi Jatim di Liga 1 2022/2023 . Pelatih Persebaya, Aji Santoso, menyebut mental pemain mudanya masih perlu digenjot.

Persebaya memulai 10 pertandingan Liga 1 musim 2022 - 2023 dengan terseok-seok dan tidak konsisten menjelang lawan Arema FC. Pasalnya dari 10 pertandingan di musim ini Bajul Ijo, baru mencetak 8 gol dan kebobolan 12 gol dan terdampar di posisi 14 klasemen sementara liga.

Hal ini berbeda jauh dengan musim lalu yang mencetak 19 gol dan kemasukan 12 gol dari 10 pertandingan awal. Bahkan di laga - laga tandang musim ini Bajul Ijo lebih buruk dibanding catatan musim lalu, kendati dilakukan dengan sistem bubble karena adanya pandemi Covid-19.

Baca Juga: Arema FC vs Persebaya Surabaya, Aji Santoso Ingin Jaga Hegemoni

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso mengakui kondisi internal pemain - pemainnya memang berbeda jauh 180 derajat. Bermaterikan pemain muda dan nyaris setengah lebih pemain baru membuatnya perlu waktu beradaptasi menyusun skema terbaik. Namun bukan berarti melawan Arema FC Aji pasrah timnya menjadi bulan-bulanan Singo Edan di kandangnya.

"Memang kami juga mencetak gol hampir imbang ada min satu, atau dua, tentunya kondisi materi kami berbeda dengan tahun kemarin, tetapi pemain - pemain saya terpenting untuk pertandingan besok berusaha maksimal mencuri poin, atau kalau bisa mengalahkan Arema itu lebih bagus," ucap Aji Santoso pada Jumat sore (30/9/2022) di Malang.

Bahkan pasca kekalahan di kandang melawan RANS Nusantara FC, Aji telah mempersiapkan mental, fisik, dan taktik melawan Arema FC. Menurutnya, mengangkat kembali mental para pemain muda amatlah penting demi mengembalikan kepercayaan diri pemain.

"Sebelum berangkat bahkan seteleh pertandingan terakhir kami sudah melakukan persiapan sangat - sangat bagus, mulai saya siapkan dari segi taktik, fisik, mental. Jadi pemain saya sudah sangat siap menghadapi Arema," tuturnya.

Sementara itu, bek tengah Persebaya Surabaya Rizky Ridho menuturkan, timnya sudah sangat siap menghadapi Arema FC di Stadion Kanjuruhan Malang. Bahkan bila ada kejadian nonteknis di luar pertandingan pun seperti teror - teror dari suporter Aremania ke Persebaya ia memakluminya.

"Kita main away banyak tekanan dari suporter itu normal dalam sepakbola. Itu normal saja, seperti biasanya. Karena ini rivalitas yang bergengsi juga mungkin mereka mau kasih tekanan bagi kita, tergantung kita responnya bagaimana, tapi normal-normal saja," kata Rizky Ridho.

Derby Jawa Timur antara Arema FC vs Persebaya Surabaya ini bakal berlangsung Sabtu malam (1/10/2022) pukul 20.00 WIB, di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang.

Arema FC sendiri baru saja mendulang kemenangan pertamanya usai hasil buruk di tiga laga sebelumnya tak meraih kemenangan sekalipun. Arema FC kini terseok-seok di posisi 9 klasemen sementara dengan torehan 14 poin dari 10 laga yang dilakoninya.

Sedangkan calon lawannya Persebaya Surabaya tambah lebih parah. Skuad besutan Aji Santoso ini kalah beruntun di tiga laga terakhir. Persebaya berada di papan bawah klasemen sementara dan hanya terpaut satu poin dari RANS Nusantara FC yang menghuni zona degradasi terakhir. Bajul Ijo mengoleksi 10 poin, dari raihan tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan enam kekalahan.
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1651 seconds (11.97#12.26)