7 Sikap Forum Komunikasi Suporter Indonesia Pasca Tragedi Kanjuruhan, Kickoff Malam Jadi Sorotan

Minggu, 02 Oktober 2022 - 14:56 WIB
loading...
7 Sikap Forum Komunikasi Suporter Indonesia Pasca Tragedi Kanjuruhan, Kickoff Malam Jadi Sorotan
Penonton membawa rekannya yang pingsan akibat terkena gas air mata saat kericuhan usai pertandingan sepak bola Liga 1 antara Arema vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom.
A A A
JAKARTA - Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang mengakibatkan 129 orang meninggal dunia. Berbagai hal perlu dievaluasi, salah satunya kebijakan menggelar pertandingan di malam hari.

Ketua Forum Komunikasi Suporter Indonesia, Richard Achmad Supriyanto, memberikan tujuh sikap terkait insiden di Stadion Kanjuruhan. Menurutnya, salah satu yang cukup krusial adalah menggelar laga terlalu malam.

Seperti kita ketahui, waktu kickoff pertandingan Liga 1 digelar berbeda-beda. Ada pertandingan yang dimulai pukul 15.30 sampai 20.00 WIB yang berarti laga baru akan beres lewat pukul 22.00 WIB.

Baca Juga: Tragedi Stadion Kanjuruhan Telan 127 Korban Meninggal Dunia

Pertandingan dengan tensi tinggi seperti Derbi pun digelar malam, seperti Arema FC vs Persebaya yang akhirnya memakan ratusan korban jiwa. Richard Achmad Supriyanto pun menyoroti waktu kickoff.

"Bahwa pertandingan berjalan lancar hingga selesai, hingga kemudian kerusuhan terjadi setelah pertandingan di mana terdapat suporter memasuki lapangan dan kemudian ditindak oleh aparat keamanan. Ketika situasi suporter makin banyak di lapangan kemudian aparat keamanan dalam hal ini kepolisian menembaki gas air mata ke penonton," kata Richard Achmad Supriyanto dalam keterangan kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (2/10/2022).

Menurutnya, laga digelar malam hari juga menjadi perhatian betul oleh pihaknya. Pasalnya, laga digelar terlalu malam cukup berisiko dari segi keamanan.

"Kami menduga bahwa main malam juga menjadi perhatian, karena menyangkut keselamatan penonton maupun perangkat pertandingan di dalamnya, sebelum ataupun sesudah pertandingan menjadi perhatian," ujarnya

Berikut ini 7 sikap Forum Komunikasi Suporter Indonesia:

1. Mengecam tindakan represif aparat keamanan terhadap penangan suporter dengan tidak mengindahkan berbagai peraturan, atau khusus Prinsip HAM POLRl

2. Mendesak Kapolri agar menindak tegas serta mengusut tuntas Tragedi Kemanusiaan Kanjuruhan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1976 seconds (10.101#12.26)