Obituari Eder Jofre: Juara Dunia 2 Divisi Pengguncang Jagat Tinju

Senin, 03 Oktober 2022 - 13:57 WIB
loading...
Obituari Eder Jofre: Juara Dunia 2 Divisi Pengguncang Jagat Tinju
Obituari Eder Jofre: Juara Dunia 2 Divisi Pengguncang Jagat Tinju/Boxing Scene
A A A
Obituari Eder Jofre: juara dunia dua divisi asal Brasil yang mengguncang jagat tinju meninggal dunia pada usia 86 tahun. Mantan juara dunia kelas bantam dan bulu, memiliki rekor 72-2-4 dan 50 KO, membuatnya menjadi legenda.

Dia bagian dari KO dengan 50 atau lebih penghentian, menunjukkan kekuatan belaka tetapi juga waktu yang luar biasa. Jofre yang masuk sebagai International Boxing Hall of Fame, meninggal karena komplikasi akibat pneumonia di Klinik Embu de Artes.

Baca Juga: Daud Yordan Cedera Lengan, Rencana Lawan Petinju Ukraina Ditunda

Eder Jofre memulai karier dongengnya pada 23 Maret 1957 dengan KO dari Raul Lopez dalam lima ronde yang panas. Sepanjang kariernya ia hanya dijatuhkan sekali ke kanvas oleh Jose Smecca di ronde pertama.

Jofre bangkit dan dengan kemauan keras ditambah kesabaran, menjatuhkan Smecca untuk menjatuhkannya dalam tujuh menit. Naik peringkat, dia meng-KO Jose Medel di ronde kesepuluh.

Dia akan menjadi juara kelas bantam WBA dengan KO ronde keenam dari Eloy Sanchez dan kemudian menjadi juara tak terbantahkan dengan serangkaian mempertahanankan gelar dari tahun 1960 hingga 1965. Dia kehilangan gelar kelas bantamnya dengan keputusan split untuk Fighting Harada dan kalah dengan keputusan angka dalam pertandingan ulang.

Harada adalah satu-satunya pria yang pernah mengalahkannya. Jofre membuat comeback di kelas bulu, memenangkan tiga belas pertarungan berturut-turut dan kemudian menantang gelar, mengalahkan Jose Legra dengan keputusan angka mutlak untuk WBC dan kejuaraan lineal pada tahun 1973.

Baca Juga: Dagu Joe Joyce 5 Kali Lebih Keras Modal Kalahkan Fury dan Joshua

Perkembangan besar terakhirnya adalah kemenangan KO dalam empat ronde atas mantan juara kelas bantam dan Vicente Salivar yang dikenal petinju hebat sepanjang masa. Jofre tetap bugar di masa pensiun. Dia bertarung dalam ekshibisi melawan Alexis Arguello.

Seorang vegetarian dari usia dua puluh, dia adalah penggemar tetap fit seumur hidup, merilis video senam pada usia tujuh puluh empat. Dia berpartisipasi dalam Olimpiade 1956 di Australia, di mana dia mencapai perempat final.
(aww)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1214 seconds (10.101#12.26)