Bali-Nusra Qualifiers Loloskan 32 Atlet Pelajar ke National Championships

Senin, 03 Oktober 2022 - 10:34 WIB
loading...
Bali-Nusra Qualifiers Loloskan 32 Atlet Pelajar ke National Championships
Sebanyak 32 atlet pelajar tingkat SMA/sederajat, yang merebut gelar sebagai juara dan runner up pada masing-masing nomor berhak lolos mewakili Bali-Nusra Qualifiers untuk bersaing secara nasional di Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia
A A A
MATARAM - Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air hasil kolaborasi Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia, Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 telah merampungkan kualifikasi di kota pertamanya, yakni, Bali dan Nusa Tenggara (Bali-Nusra) Qualifiers pada 30 September hingga 2 Oktober.

Bertempat di Stadion 17 Desember, Turide, Kota Mataram. Sebanyak 3.898 atlet pelajar tingkat SD hingga SMA yang mewakili 150 lebih sekolah di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Kompetisi yang berlangsung selama tiga hari ini memperlombakan 12 nomor. Untuk kelompok pelajar SMA dipertandingkan nomor lari 100 meter, lari jarak menengah 1.000 meter, lari estafet 4×100 meter, tolak peluru dan juga lompat jauh.

Sedangkan di tingkat SMP memperlombakan nomor lari 80 meter, lari jarak menengah 800 meter, lari estafet 5×80 meter, tolak peluru dan lompat jauh. Untuk SD terdapat nomor lari jarak 60 meter, lari estafet 8×50 meter dan tambahan atletik anak atau kids athletics yaitu formula 1 dan kanga’s escape atau lari kanga.

BACA JUGA: Vier World Arm Wrestling 2022: Atlet Korsel Rebut Gelar King of the King

Gubernur NTB Zulkieflimansyah memberi apresiasi sebesar-besarnya atas inisiatif dan kepercayaan PB PASI dan DBL Indonesia selaku penyelengara lantaran melangsungkan kompetisi atletik pelajar terbesar ini di Mataram, NTB. Sekaligus sebagai kota pembuka dari total sembilan kualifikasi tingkat wilayah (Qualifiers) se-Indonesia, yang digelar secara maraton hingga Desember mendatang.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyempatkan hadir pada saat pembukaan hari Jumat lalu (30/9), hingga melakukan pengalungan medali pada penutupan pada Minggu (2/10). Turut didampingi oleh CEO & Founder DBL Indonesia Azrul Ananda, Ketua Pengprov PASI NTB Muhammad Farid Ghozali, serta perwakilan dari PT Mayora Indah, Tbk. selaku partner utama kegiatan ini.

"Insya Allah dengan digelarnya event luar biasa ini (Champion SAC Indonesia 2022) ini dapat makin menggairahkan minat para pelajar di NTB untuk berprestasi di cabor atletik. Ini sangat penting karena NTB jadi pusat atletik nasional. Apalagi Insya Allah jika tidak ada halang rintang NTB akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028 mendatang. Jadi, adik-adik pelajar inilah yang akan jadi andalan NTB saat PON nanti," ujar Zulkieflimansyah dalam keterangan persnya, Senin (3/10/2022).

BACA JUGA: Tim Voli Putri BIN Juara Livoli Divisi I usai Kalahkan Bharata Muda Jakarta

Khusus untuk tingkat SMA/sederajat, peserta yang merebut gelar sebagai juara dan runner-up pada masing-masing nomor berhak lolos mewakili Bali-Nusra Qualifiers untuk bersaing secara nasional. Dengan para atlet pelajar lainnya pada National Championship yang akan dihelat di Jakarta pertengahan Desember mendatang. Total jumlahnya sebanyak 32 atlet pelajar.

Dari nomor shot put atau tolak peluru putra akan diwakili oleh Farid Rizwan dari SMAN 2 Mataram dan I Gede Septiawan Yudarta dari SMAN 8 Mataram. Sedangkan untuk kategori putri akan diwakili oleh Asri Tri Handayani dari SMAN 2 Sumbawa dan Rena dari SMKN 5 Mataram.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2225 seconds (0.1#10.140)