Perjalanan Karier Bima Sakti Menukangi Timnas Indonesia U-16

Kamis, 06 Oktober 2022 - 12:47 WIB
loading...
Perjalanan Karier Bima Sakti Menukangi Timnas Indonesia U-16
Perjalanan Karier Bima Sakti Menjadi PelatihTimnas Indonesia U-16/PSSI
A A A
Kisah Bima Sakti menjadi pelatih Timnas Indonesia U-16 akan dibahas dalam artikel ini. Kiprah mantan penggawa Timnas Indonesia sekaligus legenda sepak bola Indonesia, Bima Sakti memang sudah tidak dapat diragukan lagi.

Mantan pemain yang pernah bermain di Swedia ini telah memberikan segala upayanya untuk mengangkat derajat persepak bolaan tanah air, khususnya di level junior pada diri Garuda Muda. Bima Sakti mengawali karier kepelatihannya dengan menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia di tahun 2017.

Baca Juga: Hasil Timnas Indonesia U-16 vs UEA U-16: Tim Merah Putih Raih Kemenangan Kedua

Saat itu, ia menjadi salah satu asisten pelatih Luis Milla. Ketika Milla tidak diperpanjang kontraknya menukangi Garuda di tahun 2018, Bima Sakti mengambil alih kursi kepelatihan interim yang ditinggalkan pelatih asal Spanyol tersebut. Kompetisi Piala AFF 2018 menjadi debut Bima bersama Timnas Indonesia senior saat itu.

Meski ajang itu tampaknya tak mau terlalu diingat oleh Bima Sakti. Timnas Indonesia tampil buruk saat itu. Hansamu Yama dan kolega gagal menempuh babak fase grup setelah kalah bersaing dari Vietnam dan Thailand.

Setelah kegagalan itu, Bima Sakti turun kasta. Legenda Persiba Balikpapan itu mendapatkan tugas menukangi Timnas Indonesia U-16. Ajang Piala AFF U-16 2019 pun menjadi turnamen debut Bima bersama Garuda Asia. Penampilan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan kala itu bisa dibilang cukup bagus.

Mereka bisa melaju hingga babak semifinal. Di fase tersebut, Timnas Indonesia U-16 pun hanya kalah 0-2 dari Thailand yang menjadi tuan rumah. Di laga perebutan juara ketiga, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2 di babak adu tendangan penalti.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-16 Sudah Kantongi Kekuatan Palestina

Kiprah Bima Sakti di Timnas Indonesia U-16 tetap berlanjut. Bima Sakti berhasil memenangkan kejuaraan pertama sebagai pelatih pada Agustus 2022 yang lalu. Timnas Indonesia U-16 menjadi juara ajang Piala AFF U-16 2022. Ajang itu berlangsung di Indonesia, tepatnya di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di babak final, Garuda Asia mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0. Saat itu, Kafiatur Rizky menjadi pahlawan kemenangan Garuda Muda. Kini publik kembali menanti kiprah Bima Sakti bersama Timnas Indonesia U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Tantangan selanjutnya yang harus ditempuh Bima Sakti adalah membawa skuad Garuda Muda melaju ke Piala Asia U-17 2023 di Bahrain. (MG/ Bijak Diaz Afianto)
(aww)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1963 seconds (10.101#12.26)