Klasemen Kualifikasi Piala Asia U-17 2023: Malaysia Lolos, Indonesia Adu Nasib Runner-Up Terbaik

Minggu, 09 Oktober 2022 - 22:02 WIB
loading...
Klasemen Kualifikasi Piala Asia U-17 2023: Malaysia Lolos, Indonesia Adu Nasib Runner-Up Terbaik
Timnas Indonesia U-16 takluk di tangan Malaysia pada laga terakhir fase penyisihan grup Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Foto: SINDOnews/MPI/Aldhi Chandra
A A A
BOGOR - Klasemen Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 ada di artikel ini. Timnas Indonesia U-16 kehilangan posisi puncak klasemen usai terjungkal dihajar Malaysia U-16 dengan skor 1-5.

Bertanding di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (9/10/2022) malam WIB, Timnas Indonesia U-16 dibuat tak berdaya oleh Malaysia. Skuad Garuda Asia asuhan Bima Sakti dipermak lima gol tanpa balas sebelum turun minum.



Gawang Timnas Indonesia U-16 dikoyak Zainurhakimi (16'), Arramy Wafiy (19' dan penalti 38'), Anjasmirza (24'), dan Afiq Danish (27') di babak pertama. Di babak kedua, Timnas Indonesia U-16 baru bisa merespons satu gol melalui Arkhan Kaka di menit ke-90 (+2).

Dengan hasil itu, Timnas Indonesia U-16 yang mengoleksi 9 poin kehilangan posisi puncak klasemen Grup B. Sementara itu, Malaysia U-16 naik ke posisi pertama berbekal 10 poin dari empat laga sekaligus memastikan diri lolos ke putaran final.

Bagi Indonesia, kesempatan untuk lolos ke putaran final sebagai juara grup pupus meski awalnya cuma butuh hasil imbang. Saat ini, Timnas Indonesia bersaing di jalur runner up terbaik untuk menentukan nasib ke putaran final.

Hanya enam tiket yang diperebutkan dari 10 kontestan yang bersaing di jalur runner up terbaik. Masalahnya, situasi ini tidak menguntungkan buat Indonesia.

Sebab, selisih gol lawan Guam dan Palestina tidak akan dihitung. Hal itu berarti selisih gol 16-0 yang didapat Indonesia dari dua laga tersebut akan hilang. Hal itu terjadi lantaran jumlah tim di tiap grup tidak sama. Ada grup yang berisi lima tim, empat tim, dan tiga tim.

Dengan jumlah tim yang tidak seragam, duel lawan dua tim terbawah di grup yang berisi lima tim tidak akan dihitung. Sedangkan di grup yang berisi empat tim, duel lawan tim terbawah juga tidak dihitung. Semua ditujukan untuk menyeragamkan jumlah pertandingan di tiap grup.

Dengan demikian, laga yang akan dihitung hanya duel lawan Uni Emirat Arab saat Indonesia menang tipis 3-2 plus hasil kekalahan 1-5 lawan Malaysia. Saat ini, posisi Indonesia berada di tempat keenam dalam klasemen runner up terbaik, namun posisinya terancam empat tim di bawahnya yakni Jordania, Korea Selatan, Oman, dan Laos yang baru memainkan satu laga.

Klasemen Grup B
Klasemen Kualifikasi Piala Asia U-17 2023: Malaysia Lolos, Indonesia Adu Nasib Runner-Up Terbaik


Klasemen Runner Up Terbaik
Klasemen Kualifikasi Piala Asia U-17 2023: Malaysia Lolos, Indonesia Adu Nasib Runner-Up Terbaik
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)