6 Penyerang Tersubur Sepanjang Sejarah Liga Indonesia

Kamis, 27 Oktober 2022 - 09:31 WIB
loading...
6 Penyerang Tersubur Sepanjang Sejarah Liga Indonesia
Di Indonesia terdapat sejumlah penyerang yang masuk jajaran pencetak gol terbanyak, diantaranya Boaz Solossa. Foto: Twitter
A A A
JAKARTA - Penyerang merupakan salah satu posisi yang paling krusial dalam pertandingan sepak bola. Pasalnya, mereka bertugas untuk membobol gawang lawan dan membuat timnya unggul.



Striker yang tajam dapat mengkonversi semua peluang yang di dapat menjadi gol, entah itu dengan kakinya maupun kepalanya. Mereka juga bisa menempatkan diri dengan baik.

Ketajaman seorang striker diukur melalui persentase tingkat keberhasilannya dalam memasukkan bola atau jumlah gol. Cukup banyak penyerang top dunia yang disebut sebagai mesin gol. Contohnya Erling Haaland yang kini membela Manchester City.



Namun, di Indonesia juga banyak terdapat bomber-bomber andal. Di antara mereka bahkan ada yang masuk jajaran pencetak gol terbayak di Liga Indonesia atau Liga 1.

Berikut 6 Striker Tertajam Sepanjang Sejarah Liga Indonesia:

6. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto layak masuk daftar ini. Pemain berjuluk Si Kurus ini mengawali karir di Eropa lewat akademi tim Serie A, U.C Sampdoria dan sempat memperkuat tim asal Swiss, FC Luzern.

Untuk karier di dalam negeri, Kurniawan pernah memperkuat beberapa tim Liga 1 seperti Persela Lamongan, Persija Jakarta dan Persitara Jakarta Utara. Total dia telah mencetak 162 gol.

5. Alberto Goncalves (Beto)

Berikutnya ada pemain naturalisasi Indonesia kelahiran Brasil yang bernama Alberto Goncalves atau biasa disapa Beto. Dia saat ini sedang membela Madura United.

Veteran berusia 41 tahun itu sempat berkontribusi untuk Persijap Jepara, Persipura Jayapura, Arema, Sriwijaya, dan Persis Solo yang totalnya 166 gol. Jumlahnya masih bisa terus bertambah mengingat dia masih aktif di Liga 1.

4. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas menjadi salah satu bomber lokal tersukses di Liga 1. Dia menghabiskan masa karirnya memperkuat tim ibukota, Persija Jakarta. Bepe sebutan akrabnya membela Macan Kemayoran hampir dua dekade secara total.

Bepe telah mencatatkan 178 gol di Liga 1. Dia pernah juga memperkuat Pelita Bandung Raya selama satu musim. Dia memutuskan gantung sepatu pada 2019 dan sempat menjadi pelatih Persija selama musim 2021/2022.

3. Boaz Solossa

Boaz Solossa menjadi salah satu penyerang terbaik di Liga 1. Pemain asal tanah Papua itu pernah memperkuat beberapa tim lokal antara lain, Persipura Jayapura, Borneo FC dan PSS Sleman.

Namun, kisah suksesnya ketika memperkuat Persipura. Dia total sudah mencetak 185 gol. Jumlahnya juga masih bisa bertambah lantaran saat ini bermain bersama PSS Sleman.

2. Budi Sudarsono

Budi Sudarsono menjadi striker tertajam kedua di Liga 1. Pemain berjuluk Ular Piton itu mencatatkan 185 gol sama seperti Boaz.

Budi pernah memperkuat beberapa tim di Tanah Air seperti Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Persik Kediri, Sriwijaya FC dan Persikabo Kabupaten Bogor. Dia memutuskan untuk pensiun pada 2015 silam.

1. Christian Gonzales

Cristian Gonzales menjadi striker tertajam sepanjang sejarah Liga Indonesia. Dia mulai berkarir di Tanah Air sejak 2003. Selama hampir dua dekade itulah pemain berjuluk El Loco telah mendulang 269 gol.

Pemain naturalisasi asal Uruguay ini juga pemegang rekor sebagai top skorer semusim terbanyak dengan 4 kali dan juga rekor mencetak hat-trick di liga Indonesia dengan 11 kali.

Pemain berusia 46 tahun itu pernah memperkuat beberapa tim Liga 1 seperti PSM Makassar, Persik Kediri, Persib Bandung, Persisam Samarinda, Arema FC, PSS Sleman, RANS Nusantara FC, hingga kini masih bermain di Liga 2 bersama PSIM Yogyakarta.

(MB/ Bijak Diaz Afianto)
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1338 seconds (0.1#10.140)