Liverpool, Salah, Harvey Elliott Ukir 3 Rekor Impresif Usai Lumat Ajax

Kamis, 27 Oktober 2022 - 12:33 WIB
loading...
Liverpool, Salah, Harvey Elliott Ukir 3 Rekor Impresif Usai Lumat Ajax
Liverpool tampil impresif saat melumat Ajax Amsterdam 3-0 pada matchday 5 penyisihan Grup A Liga Champions 2022/2023/Foto/Reuters
A A A
AMSTERDAM - Liverpool tampil impresif saat melumat Ajax Amsterdam 3-0 pada matchday 5 penyisihan Grup A Liga Champions 2022/2023 . Sedikitnya tiga rekor gemilang ditorehkan klub Merseyside itu, termasuk dua di antaranya dicatat Mohamed Salah dan Harvey Elliott.

Ajax yang tampil menyerang sempat membuat The Reds –julukan Liverpool- keteteran di babak pertama dalam laga yang berlangsung di Johan Cruyff Arena, Kamis (27/10/2022) dini hari WIB. Namun, Pasukan Juergen Klopp akhirnya mampu unggul lebih dulu via gol indah Salah pada menit 42'.



Pada babak kedua, The Reds tampil sangat cemerlang. Mereka bermain sangat dominan dan sukses menyempurnakan kemenangan mereka via gol Darwin Nunez dan Harvey Elliott pada menit ke-49' dan 51'.

Dilansir dari Twitter, @OptaJoe, Kamis (27/10/2022), satu gol tersebut membawa Salah berkontribusi dalam 51 gol untuk Pasukan Merseyside Merah di Liga Champions, dengan rincian 39 gol dan 12 assist.



Angka tersebut menjadikannya sebagai pemain ketiga sepanjang sejarah yang terlibat dalam 50 gol lebih untuk klub Liga Inggris di kompetisi kasta tertinggi antar klub-klub Eropa itu.

Bintang asal Mesir itu hanya kalah dari Ryan Giggs dan Thierry Henry. Giggs terlibat dalam 69 gol untuk Manchester United, sedangkan Henry berkontribusi dalam terciptanya 52 gol Arsenal di Liga Champions.

Kemudian, Opta Joe juga mencatat, gol ke gawang Ajax itu membuat Harvey Elliott menjadi pemain remaja pertama yang berhasil membukukan gol dalam dua pertandingan Liga Champions berturut-turut untuk Liverpool. Pemain berpaspor Inggris itu melakukannya pada usia 19 tahun 205 hari.

Lalu, kemenangan atas klub raksasa Liga Belanda itu juga membuat The Reds memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2022/2023. Mereka mengamankan posisi kedua dengan torehan 12 poin, selisih tiga angka dari Napoli, yang duduk di puncak klasemen.

Opta Joe pun mencatat bahwa Liverpool berhasil lolos dari semua fase grup Liga Champions selama enam musim berturut-turut di bawah asuhan Jurgen Klopp. Jumlah tersebut merupakan rekor terpanjang mereka untuk lolos ke babak 16 besar secara berturut-turut dari kompetisi itu.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)