Hasil GP Amerika Serikat 2022 Diubah, Fernando Alonso Lolos dari Penalti

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 16:05 WIB
loading...
Hasil GP Amerika Serikat 2022 Diubah, Fernando Alonso Lolos dari Penalti
Hasil GP Amerika Serikat 2022 Diubah, Fernando Alonso Lolos dari Penalti. Foto: Reuters
A A A
MEXICO CITY - Pembalap Alpine F1 Team, Fernando Alonso lolos dari penalti 30 detik yang menimpanya setelah terlibat senggolan dengan Lance Stroll (Aston Martin). Kini, posisi finis Alonso dan hasil F1 GP Amerika Serikat 2022 direvisi.

Sebagaimana diketahui, Alonso terlibat senggolan yang menyebabkan Stroll berputar kencang dan tak bisa melanjutkan balapan. Namun, bukan Aston Martin yang memprotes hal ini, justru Haas F1 Team yang meminta Alonso dikenakan penalti 30 detik.

Baca Juga: Diguyur Hujan, Fernando Alonso Tercepat di Sirkuit Suzuka

Penyebabnya, Haas F1 Team menganggap Alonso mengalami kerusakan mobil dan menjadikan balapan tidak aman. Permintaan Haas F1 Team ini kemudian diamini oleh Federasi Otomotif Dunia (FIA). Alonso pun diturunkan ke posisi ke-15 dan penalti pengurangan poin.

Kendati begitu, baru-baru ini keputusan FIA berubah setelah Alpine mengajukan banding atas protes Haas F1 Team. Banding Alpine akhirnya dikabulkan FIA, setelah Haas dianggap mengajukan protes melebihi batas waktu yang telah ditentukan.

Kini, Alonso kembali ke posisi ketujuh F1 GP Amerika Serikat 2022. Oleh sebab itu, pembalap asal Spanyol itu menggeser Sebastian Vettel (Aston Martin) menjadi posisi kedelapan, Kevin Magnussen (Haas F1 Team) jadi posisi kesembilan, dan Yuki Tsunoda (Scuderia AlphaTauri) turun ke P10.

Tak hanya itu, rekan setim Alonso, Esteban Ocon juga kehilangan poin karena turun ke P11. Dalam pernyataan resminya, Alpine F1 Team mengucapkan terima kasih kepada FIA karena telah mengajukan bandingnya.

“Tim F1 BWT Alpine berterima kasih kepada stewards FIA karena telah berkumpul dan mencapai kesimpulan positif tentang masalah yang melibatkan Mobil #14 (Alonso) dari Grand Prix Amerika Serikat akhir pekan lalu,” tulis Alpine F1 Team dilansir dari akun twitter resminya (@AlpineF1Team), Jumat (28/10/2022).

“Tim menyambut baik keputusan yang dibuat oleh pramugara yang disebutkan di atas, di mana Mobil #14 mengembalikan finis ketujuh dan enam poin dari balapan,” sambungnya.
(sto)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3618 seconds (11.252#12.26)