Survei Football Institute: Suporter Beri Rapor Merah Kinerja PT LIB

Senin, 31 Oktober 2022 - 17:45 WIB
loading...
Survei Football Institute: Suporter Beri Rapor Merah Kinerja PT LIB
Lembaga independen Football Institute merilis hasil survei terhadap kinerja PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) / Foto: MPI
A A A
JAKARTA - Lembaga independen Football Institute merilis hasil survei terhadap kinerja PT Liga Indonesia Baru (PT LIB). Dalam hasil survei bertema "Persepsi Fans Sepak Bola Nasional Terhadap Kondisi Sepak Bola Nasional", ketidakpuasan suporter terhadap PT LIB cukup tinggi.

Itu sebagaimana disampaikan Founder Football Institute Budi Setiawan. Tentunya hal itu menjadi gambaran terhadap performa operator liga tersebut.

"33, 4 persen (suporter menilai) tidak puas (dengan kinerja (PT LIB). 31,0 persen menyikapinya dengan biasa-biasa saja," kata Budi Setiawan di Jakarta, Senin (31/10/2022).

BACA JUGA: Ketum PSSI Ogah Mundur Jelang KLB, Anggota TGIPF Waspadai Manuver Iwan Bule Cs

Dia mengatakan angka ketidakpuasan lainnya pun cukup tinggi ketimbang kinerja PT LIB memuaskan. Hal itu berdasarkan data-data yang dikumpulkan di lapangan.

"17,2 persen sangat tidak puas dan 17 persen memuaskan. Sementara itu, 1,4 persen sangat memuaskan," katanya.

Survei itu dilakukan dalam kurun waktu 15-21 Oktober 2022 yang melibatkan 1200 responden dari suporter yang tersebar di enam kota, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya dan Malang. Metode sampling dengan menggunakan multi random dengan margin error 2,83 persen dan confident interval 95 persen.

BACA JUGA: Cedera Saat Bela Arsenal, Bukayo Saka Terancam Absen di Piala Dunia 2022

Kriteria suporter yang dilibatkan dalam survei ini adalah pendukung salah satu tim besar, rutin menonton sepak bola selama satu musim, dan secara rutin menyaksikan tayangan sepak bola nasional di televisi. Kategori lainnya, yaitu memiliki alokasi anggaran untuk mendukung tim kebanggaan di Liga 1.

Sementara itu, survei tersebut dilakukan untuk mengetahui fans terhadap kinerja PSSI, PT LIB dan tragedi Kanjuruhan. Selain itu, juga mengetahui persepsi suporter terhadap dukungan pihak kepolisian dalam penyelenggaran kegiatan sepak bola.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)