5 Calon Bintang Piala Asia U-20 2023, Nomor 1 Wonderkid Timnas Indonesia

Jum'at, 04 November 2022 - 08:03 WIB
loading...
5 Calon Bintang Piala Asia U-20 2023, Nomor 1 Wonderkid Timnas Indonesia
5 Calon Bintang Piala Asia U-20 2023, Nomor 1 Wonderkid Timnas Indonesia. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Sedikitnya lima pemain diproyeksi bersinar di Piala Asia U-20 2023 yang akan berlangsung di Uzbekistan, 1-18 Maret 2023. Salah satunya pemain Timnas Indonesia U-20, Marselino Ferdinan.

Timnas Indonesia U-20 dipastikan berlaga di Piala Asia U-20 2023. Skuad Garuda Nusantara lolos ke putaran final sebagai juara grup pada babak kualifikasi yang digelar di Surabaya.



Selama ini, Piala Asia U-20 sudah cukup banyak melahirkan para pemain top. Sebut saja Takumi Minamino, Hee-Chan Hwang, hingga Takefusa Kubo adalah jebolan kompetisi sepak bola kelompok umur ini.

SINDOnews memperkirakan setidaknya terdapat lima pemain yang bakal tampil bersinar di Piala Asia U-20 2023. Siapa saja mereka? Berikut ulasan ringkasnya:

5. Can Yahya Moustfa (Suriah U-20)
5 Calon Bintang Piala Asia U-20 2023, Nomor 1 Wonderkid Timnas Indonesia

Moustfa adalah talenta muda paling menjanjikan yang dimiliki Suriah saat ini. Pada usianya yang masih 17 tahun, Moustfa telah berhasil menandatangani kontrak bersama Bayer Leverkusen untuk memperkuat mereka di kancah Bundesliga U-19

Moustfa merupakan putra imigran Suriah yang tinggal di Jerman. Striker satu ini sudah mendapatkan kesempatan mencicipi akademi sepak bola Jerman sejak 2017 lalu.

Pada musim 2022/2023, Moustfa sudah bermain 12 kali untuk Bayer Leverkusen U-19. Ia bahkan sempat bermain di UEFA Youth League bersama Leverkusen.

4. Van Khang Khuat (Timnas Vietnam U-20)
5 Calon Bintang Piala Asia U-20 2023, Nomor 1 Wonderkid Timnas Indonesia

Vietnam adalah satu dari beberapa tim Asia yang prestasinya meningkat drastis dalam 10 tahun terakhir. Mereka kini bahkan ada di posisi 100 besar peringkat FIFA. Setelah generasi Nguyen Quang Hai matang di level senior, Vietnam kini tengah bersiap untuk menyambut generasi baru pemain muda.

Generasi baru itu dipimpin oleh sang kapten, Van Khang Khuat. Pemain tersebut kini memperkuat klub besar Vietnam, Viettel. Van Khang Khuat adalah gelandang serang dengan gaya bermain playmaker modern. Ia sekilas memiliki karakter permainan yang mirip dengan Marselino Ferdinan.

3. Joshua Rawlins (Australia U-20)
5 Calon Bintang Piala Asia U-20 2023, Nomor 1 Wonderkid Timnas Indonesia

Prestasi sepak bola Australia belakangan mengalami sedikit penurunan. Namun, warga Australia patut percaya diri mengenai masa depan timnas mereka.

Banyak pemain muda potensial yang kini dimiliki Australia. Salah satu pemain muda Australia yang paling menarik adalah Joshua Rawlins. Karena sama seperti Marselino, Joshua juga termasuk kedalam list 60 Wonderkid terbaik 2021 yang ditulis oleh The Guardian.

Joshua Rawlins adalah seorang bek kanan yang mengawali karier di klub lokal Australia, Perth Glory FC. Tampil apik di Perth, Rawlins menarik perhatian klub Eropa. Sejak Juli 2022 lalu, Rawlins menandatangani kontrak bersama klub Eredivisie Belanda, FC Utrecht.

2. Riku Yamane (Timnas Jepang U-20)
5 Calon Bintang Piala Asia U-20 2023, Nomor 1 Wonderkid Timnas Indonesia

Jepang sejak dulu memang dikenal sebagai kekuatan Asia. Negara yang berasal dari kawasan Asia Timur itu juga tak pernah kehabisan pemain muda berbakat.

Kini kita mengenal beberapa pemain muda Jepang yang bermain bagus di klub-klub top Eropa. Sebut saja Takefusa Kubo, Takehiro Tomiyasu, Daichi Kamada, Ritsu Doan hingga Takumi Minamino.

Riku Yamane tampaknya siap menyusul langkah para seniornya itu. Yamane sekarang sedang berada di jalan yang tepat. Kini ia memperkuat klub elite Jepang, Yokohama F Marinos.

Riku Yamane pun menjadi andalan Timnas Jepang U-20 di Piala Asia U-20 2023. Akan makin banyak klub Eropa yang memantau Yamane di ajang tersebut.

1. Marselino Ferdinan (Timnas Indonesia U-20)
5 Calon Bintang Piala Asia U-20 2023, Nomor 1 Wonderkid Timnas Indonesia

Bisa dikatakan bahwa Marselino Ferdinan adalah bintang muda paling bersinar di pesepakbolaan Indonesia saat ini. Media Inggris, The Guardian pada 2021 lalu memasukan nama Marselino dalam daftar wonderkid paling menjanjikan di dunia, sejajar dengan calon bintang lainnya seperti Gavi, Youssoufa Moukoko, dan masih banyak lagi.

Marselino pun semakin menunjukkan potensi yang bagus. Pada usianya yang masih 18 tahun, ia mampu terus tampil reguler baik di level klub maupun di Timnas Indonesia.

Bahkan, Marselino tak hanya bermain di Timnas Indonesia kelompok umur saja. Timnas Indonesia senior pun sudah diperkuat olehnya.

Bermain sebagai classic no.10 Marselino akan menjadi otak serangan utama Timnas Indonesia pada Piala Asia U-20 2023. Marselino akan diberikan kebebasan berkreasi di lini tengah oleh Shin Tae-yong.



Penulis: MB/ Bijak Diaz Afianto
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)