Kekecewaan Vettel Pada Tim Kuda Jingkrak

Rabu, 08 Juli 2020 - 12:33 WIB
loading...
Kekecewaan Vettel Pada Tim Kuda Jingkrak
Sebastian Vettel. Foto/Essentiallysports
A A A
SPIELBERG - Sebastian Vettel tidak percaya pandemi virus corona menjadi alasan performa Ferrari menurun pada Formula One (F1) 2020. Pembalap asal Jerman itu menilai ada faktor lain sehingga timnya mendapatkan hasil buruk pada seri perdana di Sirkuit Red Bull Ring, akhir pekan lalu.

Vettel merasa tidak yakin dengan pernyataan bos Ferrari Mattia Binotto yang menyatakan jika pandemi virus corona menyebabkan timnya mengalami penurunan. Dia justru melihat timnya kurang optimal meningkatkan performa SF1000, terlebih tim asal Italia itu akan mengubah susunan pembalap pada F1 2021.

Vettel dan Ferrari memang telah mengumumkan akan berpisah pada tahun depan. Kedua pihak sudah tidak lagi memiliki keinginan yang sama untuk bekerja bersama. Ferrari pun kemudian mengonfirmasi pembalap McLaren asal Spanyol, Carlos Sainz Jr terpilih sebagai pengganti Vettel untuk F1 2021. (Baca: Lewis Hamilton Tercepat di FP 1 GP Austria)

Sejak saat itu, Vettel pun membuka rahasia jika dirinya memang tidak mendapatkan tawaran untuk memperpanjang kontrak dari Binotto. Hal itu tentu membuktikan jika dia sudah tidak lagi dibutuhkan yang ternyata berdampak dengan performanya yang buruk di balapan perdana tersebut.

Meski begitu, Binotto membantah tuduhan tersebut. Dia mengatakan bahwa pandemi virus corona yang telah memaksa timnya berpikir ulang. Tidak hanya sekedar meningkatkan performa mobil Ferrari SF 1000, tapi juga masalah anggaran menjadi sangat terbatas.

“Tentu saja kami selalu mengatakan selama musim dingin, secara pribadi kepadanya, dan di depan umum, bahwa dia akan menjadi pilihan pertama kami, yang saya konfirmasikan. Tapi, apa yang terjadi sejak itu, situasi pandemi yang mengubah seluruh dunia, tidak hanya di F1. Batas anggaran telah diubah, jauh lebih ketat, regulasi telah ditunda dari 2021 hingga 2022, itu yang penting bagi kami,” kata Binotto dilansir planetf1. (Baca juga: Honor Killing, Suami di Pakistan Merajam Istrinya hingga Tewas)

Meski begitu, Vettel tetap menolak alasan yang dikeluarkan oleh Binotto tentang pandemi dan keuangan yang memiliki peran paling besar dalam kepergiannya dari Ferrari. Juara dunia F1 empat kali itu menegaskan bahwa uang tidak akan pernah menjadi faktor dalam keputusannya untuk melanjutkan karier di Ferrari.

“Kondisi dengan virus corona tidak begitu menentukan. Ada juga sebagian laporan bahwa kami tidak bisa menyetujui keuangan. Itu sama sekali bukan masalah dan tidak akan pernah terjadi,” Vettel dalam sebuah wawancara dengan ServusTV.

Mantan pembalap Red Bull Racing itu juga menegaskan bahwa dia percaya dan mengingat apa yang dikatakan Ferrari sebelumnya, bahwa dirinya akan melanjutkan dengan tim pada tahun 2021. Namun kenyataannya, Vettel tak mendapatkan tawaran kontrak baru. Padahal, dia masih berharap bisa melanjutkan kerja samanya dengan tim berlambang kuda jingkrak tersebut. (Lihat videonya: Ular Piton 2,5 Meter Tutupi Saluran Air di Cilegon)

“Saya masih berpikir itu akan menjadi pilihan untuk melanjutkan dengan Ferrari. Komunikasinya seperti itu. Saya diberi tahu bahwa mereka ingin melanjutkan bersama. Lalu entah dari mana, saya mendapat telepon dan diberitahu bahwa tidak akan ada tawaran, dan tidak ada masa depan untuk bersama,” paparnya.

Terlepas dari keputusan Ferrari dan cara 'menendangnya', Vettel telah bersumpah untuk memberikan segalanya dalam balapan terakhirnya bersama timnya tersebut. Tapi, dia mengakui belum berhasil pada seri pembuka di GP Austria setelah hanya mampu menyelesaikan balapan di posisi 10. (Raikhul Amar)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0745 seconds (0.1#10.140)