Tiga Atlet Berkuda Indonesia Bidik Podium di Kejuaraan Princess Cup Thailand 2022

Senin, 14 November 2022 - 15:27 WIB
loading...
Tiga Atlet Berkuda Indonesia Bidik Podium di Kejuaraan Princess Cup Thailand 2022
Tiga Atlet Berkuda Indonesia Bidik Podium di Kejuaraan Princess Cup Thailand 2022. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Tiga atlet muda Indonesia siap mengikuti Kejuaraan Berkuda Ketangkasan Princess Cup-CSIJ B yang digelar di Royal Stable Unit / Royal Horse Guard Riding Club, Krung Thep Maha Nakhon, Thailand, 21-27 November 2022. Kejuaraan Princess Cup ini hadir dengan beberapa disiplin, yakni berkuda (class dressage, dan class show jumping), panahan dan lain-lain.

Ketiga atlet Indonesia itu adalahAkbar Kurniawan / Aan (18), Euclia Purnama / Clia (16) dan Kayla Alesha (16). Keberangkatan ketiga Atlet tersebut akan didampingi oleh pelatih senior, Rahmat Natsir. Nantinya Aan, Clia dan Kayla akan ikut bertanding pada class Show Jumping 1m-1.10m Category.

Baca Juga: Perusahaan Asal AS Bikin Sepatu Khusus Kuda yang Tak Biasa

Keduanya nantinya akan mendapatkan pinjaman kuda dari stable di Thailand. Kejuaraan ini bukanlah bukanlah pertandingan pertama untuk Aan, sebelumnya pada tahun 2018 lalu, Aan mengharumkan nama Indonesia dengan memenangkan juara pertama, 1st Team CSIJ-B 100 cm di Princess Cup.

Dia pun kerap menjuarai beberapa kejuaraa, seperti 1st Place Kejurnas 2019 U21 Dressage team and individual, 1st Place Kejurnas 2021 U21 Dressage team and individual. Dan beberapa kejuaraan Internasional, yakni 1st 100 cm Taipei 2018, 1st Asian Junior Challenge Hong Kong 2019, 1st Reitturnier 115 cm Aachen 2022.

"Karena pertandingan Princess Cup di Bangkok itu termasuk pertandingan rutin setiap tahun, tetapi karena ada pandemi Covid-19, jadi selama 2 tahun tidak ada pertandingan Princess Cup, dan karena baru diadakan lagi di tahun ini, jadi kami juga ingin mengikuti dan membawa harum nama Indonesia setelah 2 tahun vakum," kata Aan.

Selain Aan, atlet cantik dan berprestasi, Euclia sudah pernah mengikuti kejuaraan, seperti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) DKI 2021 dan berkesempatan mewakili Indonesia di Longines World Equestrian Academy (LWEA) Summer Camp, Agustus 2022 lalu.

Berbagai persiapan dilakukan gadis berusia 16 tahun ini untuk tampil memukau di sana. Mulai dari latihan latihan, mempersiapkan metal dengan banyak meditasi (berdiam diri, menenangkan diri) agar lebih tenang saat tanding. Apalagi, dia menargetkan bisa naik podium di kejuaraan tersebut.

"Di sini saya lagi mau menguji kemampuan dan mental saya. Perasaan saya saat ini jujur sangat gugup sekali, grogi, karena ini merupakan pertandingan pertama saya di luar negeri. Tarhet saya bisa di tiga besar agar bisa mengharumkan nama Indonesia di kejuaraan ini," sambung Euclia.

Kedua atlet tersebut akan bertolak ke Krung Thep Maha Nakhon pada hari Jum'at, 17 November 2022.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3324 seconds (0.1#10.140)