Manuel Neuer Ngotot Pakai Ban Kapten Pelangi, Timnas Jerman Terancam Sanksi

Senin, 21 November 2022 - 08:01 WIB
loading...
Manuel Neuer Ngotot Pakai Ban Kapten Pelangi, Timnas Jerman Terancam Sanksi
Manuel Neuer Ngotot Pakai Ban Kapten Pelangi, Timnas Jerman Terancam Sanksi
A A A
DOHA - Penjaga gawang Timnas Jerman, Manuel Neuer memutuskan pakai ban kapten pelangi simbol LGBT pada Piala Dunia 2022. Federasi sepak bola Jerman (DFB) khawatir Neuer terkena hukuman karena mengenakan atribut berbau LGBT di Qatar.

Sebagaimana diketahui, LGBT adalah hal yang terlarang di Qatar. Sebab Qatar merupakan negara yang kebijakannya kental denganhukum Islam.

Menyikapi hal itu, FIFA kemudian merilis ban kapten anti diskriminasi. Ban kapten baru itu merupakan atribut resmi pengganti ban kapten pelangi sebelumnya.



Namun Neuer kukuh ingin mengenakan ban kapten pelangi. Pemain Bayern Munchen beralasan bahwa beberapa pemain dari tim lain juga ada yang mengenakan ban kapten tersebut.

DFB kemudian mencium adanya potensi sanksi yang akan diterima Neuer. Sebab, dalam regulasi, para pemain wajib mengenakan atribut resmi yang dirilis FIFA.

“Di turnamen FIFA, staf pertandingan harus mengenakan pakaian dan perlengkapan resmi yang disediakan FIFA, termasuk lencana acara FIFA yang ditentukan dan disediakan FIFA, baik pakaian maupun ban lengan,” tulis regulasi FIFA.

Potensi sanksi yang menghantui Neuer berupa denda. Jika Neuer ngotot terus mengenakan ban kapten pelangi di setiap laga, tentu dendanya akan meningkat berkali-kali lipat.

Selain denda, Neuer juga terancam diganjar kartu kuning tepat sebelum kick-off laga perdana versus Jepang. Jika di laga selanjutnya Neuer tetap ngotot memakai ban kapten pelangi tersebut, maka hukuman akumulasi kartu sudah menanti.

Oleh sebab itu, dilansir I Mia San Mia, Minggu (20/10/2022), tengah ada kekhawatiran di internal DFB. Mereka cemas FIFA akan mengambil tindakan atas keputusan yang Neuer ambil.

Jika potensi hukuman sudah jelas, DFB akan menegur Neuer untuk mematuhi aturan FIFA. Namun DFB enggan terburu-buru bersikap.

Mereka memilih menunggu apa yang dilakukan FIFA terhadap tim-tim lain yang memakai ban kapten pelangi. Sekadar informasi, kapten Timnas Inggris Harry Kane, kapten Wales Gareth Bale dan kapten Denmark Simon Kjaer juga tetap akan mengenakan ban kapten pelangi.

Laga perdana Jerman versus Jepang digelar pada Rabu 23 November 2022 malam WIB. Laga itu akan dihelat di Khalifa International Stadium, Doha.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3026 seconds (0.1#10.140)