Tim Hoki Es Indonesia Batavia Demons Sabet Gelar Juara di Thailand

Rabu, 23 November 2022 - 21:25 WIB
loading...
Tim Hoki Es Indonesia Batavia Demons Sabet Gelar Juara di Thailand
Tim Hoki Es Indonesia Batavia Demons Sabet Gelar Juara di Thailand. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Tim hoki es Indonesia, Batavia Demons, berhasil juara Land of Smiles Ice Hockey Classic yang digelar di Bangkok, Thailand. Kemenangan itu sekaligus menegaskan prestasi Batavia Demons yang sebelumnya juara Indonesia Ice Hockey League (IIHL) City Vision 2022.

Tidak main-main, kejuaraan hoki es yang dimenangkan Batavia Demons merupakan ajang internasional yang diikuti 38 tim yang berasal dari berbagai negara di Asia dan Eropa Timur. Ini merupakan tahun ke-16 gelaran olahraga tersebut.



Pada tahap penyisihan, Batavia Demons sebagai klub hoki tertua di Indonesia ini berhasil menaklukkan tim Hongkong Hitman, OT Lights Thailand, dan Ramas Thailand hingga menjadi juara grup D. Kemudian, Batavia Demons melaju ke babak semifinal dengan mengalahkan Tokyo Pirates.
Tim Hoki Es Indonesia Batavia Demons Sabet Gelar Juara di Thailand

Di babak final, Batavia Demons melawan tim Tatra Eagles asal Slovakia yang merupakan salah satu tim terkuat di kompetisi ini. Pertandingan berlangsung sengit, kedua tim saling berbalas goal hingga durasi pertandingan berakhir dengan skor seri 4-4.

Akhirnya, pemenang ditentukan melalui babak sudden-death overtime, yakni kemenangan yang diperoleh melalui satu gol terakhir. Di babak sudden-death, Batavia Demons memberikan tekanan maksimal di menit pertama, hingga pemain bernomor punggung 25, Eugene Lin, berhasil mencetak gol.

Kapten tim Batavia Demons, Jonathan Sudharta, mengatakan, timnya bersyukur atas pencapaian yang diperoleh di kejuaraan tingkat internasional ini. Dia bilang pertandingan berlangsung sengit karena peserta yang ikut berlaga dalam kompetisi bergengsi ini merupakan klub jawara di negaranya masing-masing.

"Terlebih banyak klub yang berasal dari negara non tropis dan telah memiliki sepak terjang panjang di dunia hoki es,” kata Jonathan Sudharta.

Lebih lanjut, Jonathan memaparkan bahwa kemenangan Batavia Demons tidak lepas dari persiapan yang telah dilakukan sebelum kompetisi berlangsung. Salah satunya, tim Batavia Demons kerap menjajal terlebih dahulu ice ring di lokasi pertandingan. Hal ini diperlukan untuk mendapatkan tempo permainan yang pas karena ukuran dari ice ring yang berbeda dengan di Jakarta.

Keikutsertaan Batavia Demons dalam kompetisi Land of Smiles ini juga merupakan kompetisi internasional yang pertama kalinya diikuti klub hoki es Indonesia setelah pandemi.

Sebagai tim hoki es yang mewakili Indonesia, Batavia Demons menyatakan optimismenya akan cabang olahraga (cabor) hoki es nasional.

"Hal ini juga menjadi sinyal positif akan potensi cabang olahraga hoki es Indonesia. Kemenangan yang kami raih ini dapat memotivasi klub hoki es Indonesia lainnya untuk bersama mengharumkan nama bangsa di kancah internasional,” ujar Jonathan.

Pada Maret 2023 mendatang, tim nasional Indonesia akan mengikuti kejuaraan hoki es dunia “IIHF Ice Hockey World Championship” Divisi IV dengan anggota tim yang sebagian besar merupakan anggota dari klub Batavia Demons.

“Dengan semangat untuk mengharumkan nama bangsa, kami juga memiliki harapan agar ke depannya cabor hoki es dapat lebih diminati masyarakat, terlebih apabila dapat menjadi cabor resmi di Indonesia.” tutup Jonathan.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)