Arab Saudi Bungkam Argentina, Seni dan Budaya Arab Diburu di Piala Dunia 2022

Kamis, 24 November 2022 - 22:02 WIB
loading...
Arab Saudi Bungkam Argentina, Seni dan Budaya Arab Diburu di Piala Dunia 2022
Katara Cultural Village semakin ramai dikunjungi suporter beberapa negara Piala Dunia 2022/Foto/Reuters
A A A
KATARA - Kejutan Timnas Arab Saudi membungkam Argentina di laga pembuka penyisihan Grup C Piala Dunia 2022 berdampak pada keingintahuan fans soal seni dan budaya Arab. Sebuah stan Kaligrafi yang terletak di gedung 5 di Katara diserbu pengunjung Arab dan asing.

Ya, Arab Saudi mengguncang dunia karena sukses melibas Timnas Argentina di Lusail Iconic Stadium, Lusail, Qatar, Selasa (22/11/2022). Padahal, tim berjuluk Green Falcons itu tertinggal lebih dulu lewat penalti Lionel Messi pada menit kesepuluh.

Baca juga: Jago Asia Naik Daun, Arab Saudi dan Jepang Masuk Daftar Tim Kejutan di Piala Dunia

Namun, di babak kedua, pasukan yang dilatih Herve Renard itu mampu comeback dengan memberondong gawang Argentina dua kali melalui sepakan Saleh Al-Shehri (48), dan Salem Al-Dawsari (53).

Sontak kebanggaan atas Arab meningkat. Alhasil, menurut Qatar Tribune, Kamis (24/11/2022), permintaan terhadap seni dan budaya Timur Tengah pun melonjak.

Baca juga: 8 Pemain Jepang Yang Main di Bundesliga Jadi Penghancur Timnas Jerman

Stan Kaligrafi di gedung 5 di Katara pun menjadi sasaran. Tempat itu diserbu pengunjung Arab dan asing. Di sana mereka menyaksikan pameran lukisan yang memuat nama-nama pengunjung dengan berbagai macam kaligrafi Arab, serta lukisan pasir.

Kaligrafer Mohamed Ibrahim mengatakan, ia menghadirkan berbagai lukisan dan karya sesuai permintaan masyarakat dengan menitikberatkan pada warna putih dan hitam.

“Acara ini menjadi kesempatan untuk memperkenalkan kaligrafi Arab, yang merupakan salah satu ciri khas bangsa, budaya dan identitas Arab dan Islam,” ujarnya.

Bukan hanya Kaligrafi, sudut desain Henna di Alun-alun di seberang Benteng juga didatangi banyak pengunjung wanita, kebanyakan orang asing. Mereka senang dan bersemangat untuk menjalani pengalaman ini,. Mereka menunjukkan ketertarikan besar untuk melihat sekilas budaya dan warisan Arab dengan segala detailnya.

Para pengunjung juga menunjukkan kebahagiaannya saat dimainkan musik ornamental Padang Pasir yang dibawakan oleh salah satu band musik Arab.

(sha)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1649 seconds (11.210#12.26)