Timnas Belanda Ditahan Ekuador, Virgil van Dijk: Kami Tak Khawatir dengan Performa Tim

Sabtu, 26 November 2022 - 17:02 WIB
loading...
Timnas Belanda Ditahan Ekuador, Virgil van Dijk: Kami Tak Khawatir dengan Performa Tim
Kapten Timnas Belanda Virgil van Dijk tak khawatir dengan performa tim usai ditahan Ekuador dengan skor 1-1 pada fase Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Khalifa, Jumat (25/11/2022) / Foto: Twitter OnsOranje (@OnsOranje)
A A A
DOHA - Kapten Timnas Belanda Virgil van Dijk tak khawatir dengan performa tim usai ditahan Ekuador dengan skor 1-1 pada fase Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Khalifa, Jumat (25/11/2022). Sekarang tim tengah fokus pada proses pemulihan sebelum bentrok dengan tuan rumah Qatar, pekan depan.

Pada pertandingan kedua fase Grup A, Belanda sebenarnya mampu membuka keran gol lebih dulu melalui tendangan keras Cody Gakpo. Setelah gol itu, performa van Dijk dkk justru menurun.

Mereka bermain dengan kreativitas yang minim. Kondisi ini dimanfaatkan Ekuador untuk mengembangkan permainan. Di babak kedua, penampilan Belanda semakin menurun. Justru Ekuador yang lebih mendominasi permainan.

BACA JUGA: Hitung-hitungan Argentina Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Hasilnya, mereka menyamakan skor melalui Enner Valencia pada menit ke-49. Setelah gol tersebut, De Oranje semakin tertekan. Beruntung, gawang mereka tak jebol untuk kedua kalinya.

Usai pertandingan, Virgil van Dijk menanggapi santai kritik yang mendera timnya. Menurutnya, kondisi itu biasa dalam sebuah permainan.

"Saya tidak khawatir dengan performa kami. Saya yakin performa kami akan meningkatkan seiring berjalannya waktu," tutur Van Dijk kepada MNC Portal Indonesia di area Mix Zone usai pertandingan.

BACA JUGA: Profil Ulul Albab El Ibrahim, Bocah Indonesia yang Digandeng Ronaldo

"Kami telah menunjukkan penampilan tingkat tinggi dengan tak terkalahkan dalam 17 pertandingan. Jadi kami bisa melakukannya lebih baik," ucapnya.

Skor imbang membuat Belanda dan Ekuador berbagi posisi di peringkat pertama dan kedua klasemen Grup A dengan poin sama-sama 4. Timnas Senegal ada di posisi ketiga dengan nilai 3, dan Qatar sudah pasti tersingkir karena mogok di urutan terbawah tanpa poin.

Situasi ini membuat Belanda berada di atas angin, sebab berikutnya mereka tinggal menghadapi Timnas Qatar pada laga terakhir fase grup di Stadion Al Bayt, Al Khor, Selasa (29/11/2022).

"Sekarang waktunya pemulihan. Segalanya ada di tangan kami, dan kami sangat siap untuk menghadapi Qatar. Kami yakin akan menampilkan performa bagus untuk memenangkan pertandingan," kata Van Dijk.

(yov)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1997 seconds (11.97#12.26)