Iran vs Amerika Serikat: Menang, The Yanks Jadi Runner-up Grup B 

Rabu, 30 November 2022 - 04:20 WIB
loading...
Iran vs Amerika Serikat: Menang, The Yanks Jadi Runner-up Grup B 
Amerika Serikat (AS) dapat mengalahkan Iran 1-0 pada laga penutup Grup B Piala Dunia 2022. Alhasil, The Yanks lolos ke babak 16 besar. Foto: REUTERS/Susana Vera
A A A
DOHA - Amerika Serikat (AS) dapat mengalahkan Iran 1-0 pada laga penutup Grup B Piala Dunia 2022. Laga penentu itu berlangsung di Al Thumama Stadium, Rabu (30/11/2022) dini hari.

The Yanks -julukan AS- menundukan Tim Melli -julukan Iran- berkat gol tunggal Christian Pulisic (38'). Negeri Paman Sam lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup B dengan perolehan 5 poin dan menemani Inggris.



Iran yang mengenakan kostum warna putih langsung agresif dalam memulai pertandingan sejak peluit dibunyikan. Armada Carlos Queiroz mulai mengembangkan permainannya. Namun, upaya mereka masih belum membuahkan hasil

AS di bawah asuhan Gregg Berhalter juga berusaha untuk melancarkan serangan. Mereka punya peluang pada menit 11 lewat sundulan Pulisic.

Dia menusuk ke area pertahanan Iran dan menyundul umpan silang tepat ke tengah gawang. Namun, bola masih lemah dan mampu ditangkap Alireza Beiranvand.

Setelah itu giliran Timothy Weah yang melakukan sundulan di menit 28. Dia sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Iran. Lagi-lagi, Alireza kembali mampu menyelamatkan gawangnya.

Iran merespon beberapa ancaman AS dengan serangan balik. Tepat di menit 31, Ahmad Noorollahi melakukan solo run menuju pertahanan musuh.

Akan tetapi, dia gagal menciptakan peluang karena pemain AS menghalanginya. Setelah itu, kedua tim masih berupaya untuk mencari gol pembuka.

Upaya AS yang membuahkan hasil manis. Mereka sukses memecah kebuntuan di menit 38 melalui Pulisic. Skor berubah menjadi 1-0 untuk Amerika Serikat.

Gol itu berawal dari umpan silang ke kotak penalti disundul oleh Sergino Dest. Bola lalu diumpan ke Pulisic yang langsung melakukan sontekan manis.

Setelah kebobolan, Iran meningkatkan intensitas permainannya. Namun, wakil Asiah itu masih mengalami kebuntuan dan tidak bisa mencetak gol.

Sementara itu, AS sempat mencetak gol keduanya lewat Timothy Weah. Akan tetapi, gol itu dianulir karena offside. Alhasil, skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Iran nampaknya mengubah strategi ketika babak kedua dimulai. Di mana, Carlos Queiroz mengganti beberapa pemainnya.

Dapat tenaga tambahan, Mehdi Taremi dkk berusaha mencetak gol balasan dan keluar dari tekanan AS. Namun, belum juga berhasil

Namun, pada menit 48 Amerika Serikat kembali mengancam pertahanan Iran. Umpan diterima oleh Joshua Sargent yang tidak terkawal.

Dia dengan hati-hati menempatkan tembakan rendah ke arah tengah gawang. Akan tetapi, penyelamatan brilian Alireza Beiranvand dapat mematahkan serangan The Yanks.

Kali ini, Iran hampir menyamakan kedudukan di menit 65 melalui sepakan kaki kanan Saman Ghoddos. Namun, gol itu dianulir wasit. Karena sebelumnya, Mehdi Taremi dianggap telah melanggar lawan selama gerakan menyerang.

Hingga menit ke-85, Iran masih terus menggempur pertahanan Amerika Serikat. Sementara itu, The Yanks nampaknya tampil bertahan untuk mengamankan keunggulannya.

Iran masih terus berupaya untuk menyamakan kedudukan. Mereka tak lelah berlari untuk bisa menciptakan peluang berbahaya. Akan tetapi, kerja keras itu masih belum membuahkan hasil manis.

Alhasil, hingga pertandingan berakhir, Iran tak mampu mencetak gol balasan. Kemenangan 1-0 berhasil didapatkan AS. Dengan hasil ini, mereka berhak memastikan tiket ke babak 16 besar menemani Inggris.



Susunan Pemain Iran vs Amerika Serikat:

Iran (4-3-3): Alireza Beiranvand (GK); Milad Mohammadi (Ali Karimi, 45+2'), Morteza Pouraliganji, Majid Hosseini, Ramin Rezaeian, Ehsan Haji Safi (Abolfazl Jalali, 71'), Saeid Ezatolahi, Ahmad Nourollahi (Mehdi Torabi, 71'), Mehdi Taremi, Ali Gholizadeh (Karim Ansarifard, 77'), Sardar Azmoun (Saman Ghoddos, 46').

Pelatih: Carlos Queiroz

Amerika Serikat (4-3-3) : Matt Turner (GK), Sergino Dest (Shaquell Moore, 82), Antonie Robinson, Tim Ream, Tyler Adams (C), Cameron Carter-Vickers, Yunus Musah, Weston McKennie (Kellyn Perry Acosta, 65'), Christian Pulisic (Brenden Aaronson, 46'), Timothy Weah (Walker Zimmerman, 88'), Joshua Sargent (Haji Wright, 77').

Pelatih: Gregg Berhalter
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)