Inilah Kael Derya Riza, Remaja Indonesia yang Jadi Ballboy Piala Dunia 2022

Rabu, 30 November 2022 - 22:03 WIB
loading...
Inilah Kael Derya Riza, Remaja Indonesia yang Jadi Ballboy Piala Dunia 2022
Kael Derya Riza saat bertugas menjadi Ball Boy dalam salah satu pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar / Foto: Dok. Sudirman
A A A
DOHA - Kael Derya Riza sukses membuat bangga Indonesia di Piala Dunia 2022 . Remaja berusia 16 tahun ini merupakan satu dari lima anak Indonesia yang terpilih menjadi Ballboy di beberapa pertandingan turnamen empat tahunan yang berlangsung di Qatar.

Kael terpilih setelah melalui seleksi yang dilakukan FIFA. Awalnya, ada pengumuman pendaftaran di sekolahnya untuk bisa menjadi salah satu Ballboy di Piala Dunia 2022 .

Di Indonesia, Ballboy dikenal dengan nama anak gawang. Mereka bersiap di luar lapangan dan bertugas mengambil bola yang keluar dari lapangan permainan pada pertandingan sepak bola dan memberikannya kepada pemain.

BACA JUGA: Wow! Cristiano Ronaldo Sepakat Gabung Al-Nassr dengan Bayaran Rp3,2 Triliun!

"Saya tergabung di klub sepak bola sekolah. Kemudian, saya harus mengisi formulir. Dan, akhirnya saya terpilih," tutur Kael kepada MNC Portal Indonesia di Doha, Qatar, Rabu (30/11/2022).

Di Piala Dunia 2022 , Kael bertugas dalam empat pertandingan, yakni Denmark versus Tunisia, Polandia kontra Arab Saudi, Prancis versus Tunisia dan satu lagi laga di 16 Besar.

Sebagai Ballboy Piala Dunia 2022, Kael mendapatkan seragam seperti jacket, jersey, celana training, tas, dan sepatu yang semuanya dipasok apparel resmi Piala Dunia 2022. "Sebagai Ballboy, saya sangat bahagia bisa melihat dari dekat pemain-pemain top dunia, seperti Robert Lewandowski," ujar Kael.

BACA JUGA: CR7 Terima Pinangan Al-Nassr, Fabrizio Romano: Ronaldo Fokus Piala Dunia 2022

Kael merupakan siswa kelas 12 (setara 3 SMA) di Qatar Internasional School (QIS). Dia lahir di Jakarta 3 Maret 2006 dari Ibu Kurnia Wardani asal Solo, dan ayah Riza Wibawa asal Medan.

Ayah Kael bekerja di Qatar Gas sejak 2011. Kala itu Kael dibawa hijrah ke Qatar saat dia masih berusia 5 tahun. Sejak saat itu, dia dan keluarga menetap di Doha, Qatar.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2313 seconds (0.1#10.140)