BWF World Tour Finals 2022: Menanti Kejutan Fajar Alfian/Rian Ardianto

Kamis, 01 Desember 2022 - 17:01 WIB
loading...
BWF World Tour Finals 2022: Menanti Kejutan Fajar Alfian/Rian Ardianto
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Muhammad Rian Ardianto siap menyambut World Tour Finals 2022/Foto/PBSI
A A A
JAKARTA - Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Muhammad Rian Ardianto siap menyambut BWF World Tour Finals 2022 di Bangkok, Thailand, 7-11 Desember. Ini pertama kali Rian dan pasangannya, Fajar Alfian, tampil di turnamen penutup tahun tersebut.

Optimisme diungkap Rian yang menilai musim 2022 ini menjadi pencapaian terbaiknya bersama Fajar. Rian mengatakan, dia dan Fajar, tampil lebih konsisten sepanjang tahun 2022 ini, yang mana belum pernah mereka lakukan sebelumnya.



Fajar/Rian telah berduet sejak 2014 lalu. Namun, mereka baru benar-benar tampil sangat cemerlang sepanjang 2022 ini.

Pada tahun ini, duet andalan Pelatnas Cipayung itu berhasil menembus delapan final dari 15 turnamen yang mereka ikuti. Empat gelar juara pun sukses mereka sabet, yakni pada gelaran Swiss Open, Indonesia Masters, Malaysia Masters dan Denmark Open 2022.



Selain itu, Fajri –sebutan Fajar/Rian- juga membawa pulang medali perungu Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis dan Kejuaraan Asia 2022. Alhasil, mereka menjadi pasangan Indonesia paling berprestasi tahun ini.

Bahkan, ranking dunia mereka melompat tinggi selama 2022 ini. Setelah sempat berada di peringkat sembilan pada Januari lalu, per November ini mereka berada di urutan tiga dunia dengan koleksi 88.055 poin.

Oleh karena itu, Rian tak ragu menyebut bahwa musim 2022 ini merupakan tahun terbaiknya bersama Fajar setelah delapan tahun menjadi tandem. Sebab menurutnya, tahun ini sangat spesial karena akhirnya mereka bisa konsisten menjaga performa mereka di level terbaik.

“Kalau menurut saya sih, ini tahun paling bagus ya karena hasil-hasil di tahun-tahun belakangan ini kurang maksimal. Kita masih kadang naik, bisa tembus, kadang enggak. Akhirnya di tahun ini kita bisa lebih stabil, spesial lah tahun ini,” kata Rian kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, saat ditemui di Pelatnas Cipayung, Jakarta, belum lama ini.

Lebih lanjut, pemain yang akrab disapa Jombang itu berharap performa apiknya dengan Fajar dapat terus berlanjut. Salah satu tujuannya agar mereka bisa mentas di Olimpiade Paris 2024 yang babak kualifikasinya akan dimulai pada Mei 2023 mendatang.

“Semoga tren positif ini bisa berlanjut di tahun-tahun ke depan. Ya kita tahu tahun depan ada kualifikasi buat Olimpiade, tahun depannya lagi ada Olimpiade, pasti targetnya pengen banget main di Olimpiade,” jelas pemain berusia 26 tahun asal Bantul itu.

“2020 itu udah lolos sih sebenarnya cuma karena kuota jadi masih belum bisa. Semoga bisa lolos lagi tahun depan,” pungkasnya.

Berkat performa gemilang selama 2022 itu, Fajar/Rian sukses menjadi duet yang paling banyak mengemas poin selama gelaran BWF World Tour dengan torehan 91.870 poin. Hasil tersebut pun membawa mereka lolos ke World Tour Finals 2022.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)