Hasil Korea Selatan vs Portugal: Menang Dramatis! Son Heung-min dkk Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Sabtu, 03 Desember 2022 - 00:05 WIB
loading...
Hasil Korea Selatan vs Portugal: Menang Dramatis! Son Heung-min dkk Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2022
Timnas Korea Selatan melaju ke babak 16 besar usai membungkam Portugal/Foto/Reuters
A A A
DOHA - Timnas Korea Selatan bertahan di Qatar. Taeguk Warriors melaju ke babak 16 besar usai membungkam Portugal 2-1 pada laga pemungkas penyisihan Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Jumat (2/12/2022) malam WIB.

Korea Selatan di peringkat 2 dengan 4 poin. Setara Uruguay yang mengalahkan Ghana 2-0. Korea unggul dalam produktivitas gol memasukkan.

Jalannya pertandingan babak pertama, Portugal berhasil unggul cepat pada menit kelima melalui serangan balik yang dilakukan oleh Diogo Dalot untuk memberikan umpan kepada Cristiano Ronaldo. Penyerang berusia 37 tahun itu pun memberikan umpan silang dan berhasil diselesaikan dengan baik oleh Ricardo Horta.

Seleccao das Quinas -julukan Timnas Portugal- mendapatkan peluang bagus untuk mencetak gol pada menit ke-20 melalui Joao Cancelo, tetapi umpannya berhasil digagalkan oleh Kim Seung-gyu. Sementara pada menit ke-17 Kim Jin-su berhasil membawa Korea Selatan menyeimbangkan skor, tetapi gol tersebut tak disahkan karena sudah berada di posisi offside.

Sementara pada menit ke-23 pemain bertahan Korea Selatan berhasil menggagalkan umpan silang Diogo Dalot kepada Cristiano Ronaldo. Taeguk Warriors -julukan Timnas Korea Selatan- sukses menanyakan skor pada menit ke-27 melalui tendangan Kim Young-gwon usai memanfaatkan pantulan bola dari pemain bertahan Portugal.

Pada menit ke-29 Portugal mendapatkan peluang emas untuk kembali memimpin melalui Ronaldo, tetapi tendangannya masih dengan mudah di block oleh Kim Seung-gyu dan membuat gawang Korea Selatan tetap aman. Kim Seung-gyu kembali melakukan penyelamatan pada menit ke-34 usai menepis tendangan Diogo Dalot dari luar kotak penalti.

Sementara pada menit ke-40 usaha Son Heung-min untuk membawa Korea Selatan unggul masih belum berhasil, setelah tendangnya dari luar kotak penalti masih bisa dihentikan oleh Diogo Costa. Pada menit ke-42 tendangan jarak jauh Vitinha masih bisa di block oleh Kim Seung-gyu, tetapi Cristiano Ronaldo gagal memanfaatkan bola rebound usai sundulannya melebar.

Usaha Portugal untuk mendapatkan mencetak gol kedua masih menemui kegagalan, setelah Kim Seung-gyu kembali menyelamatkan gawangnya dari tendangan Ricardo Horta pada menit ke-44. Hingga babak pertama selesai tak ada gol tambahan.

Memasuki babak kedua, Portugal bermain menyerang pada awal babak pertama, tetapi belum bisa menembus rapatnya pertahanan Korea Selatan. Pada menit ke-56 Son Heung-min hampir membawa Korea Selatan unggul, jika tendangnya tidak di blok oleh Antonio Silva.

Kegagalan Cristiano Ronaldo pada babak pertama pun membuat Fernando Santos memilih untuk menariknya pada menit ke-65 untuk digantikan oleh Andre Silva. Sementara pada menit ke-67 tendangan keras Jung Woo-young masih belum bisa membawa Korea Selatan memimpin, setelah Diogo Costa kembali menyelamatkan gawangnya dari bahaya.

Pada menit ke-79 Kim Jin-su memberikan umpan kepada Son Heung-min tepat di dalam kotak penalti, tetapi tendangan volinya masih bisa di block oleh Joao Cancelo dan membuat skor masih belum berubah. Memasuki menit ke-88 Portugal mendominasi permainan dan terus mencoba untuk mendapatkan gol keduanya, tetapi masih belum bisa menembus rapatnya pertahanan Korea Selatan.

Taeguk Warriors berhasil mendapatkan keunggulan melalui serangan balik yang dilakukan oleh Son Heung-min. Penyerang milik Tottenham Hotspur itu berhasil memberikan umpan terobosan dan berhasil diselesaikan dengan baik oleh Hwang Hee-chan pada menit ke-90+2.

Korea Selatan pun menempati posisi kedua di klasemen sementara Grup H. Mereka harus menunggu hasil akhir antara Uruguay vs Ghana untuk lolos ke babak berikutnya.

Susunan Pemain

Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Joao Cancelo, Antonio Silva, Pepe, Diogo Dalot, Vitinha, Ruben Neves, Matheus Nunes, Ricardo Horta, Joao Mario, Cristiano Ronaldo.
Cadangan: Rui Patricio, Ruben Dias, Raphael Guerreiro, Joao Palhinha, Bruno Fernandez, Andrea Silva, Bernardo Silva, Joao Felix, Jose Sa, Wiliam carvalho, Rafael Leao, Goncalo Ramos.
Pelatih: Fernando Santos

Korea Selatan (4-2-3-1): Kim Seung-Gyu; Kim Moon-hwan, Kwon Kyung-won, Kim Young-Gwon, Kim Jin-Su,Jung Woo-Young, Hwang In-Beom, Lee Kang-in, Lee Jae-sung, Son Heung-min, Cho Guesung.
Cadangan: Song Bumkeun, Jo Hyeonwoo, Yoon Jonggyu, Kim Minjae, Paik Seung Ho, Hwang Hee Chan, Son Junho, Hong Chul, Hwang Ijo, Na Sangho, Kwon Changhoon, Kim Taehwan, Cho Yumin, Jeong Wooyeong, Song Minkyu.
Pelatih: Paulo Bento.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0992 seconds (0.1#10.140)