Bangsa Arab Bersatu Doakan Maroko Sukses di Piala Dunia 2022

Jum'at, 09 Desember 2022 - 11:35 WIB
loading...
Bangsa Arab Bersatu Doakan Maroko Sukses di Piala Dunia 2022
Sukses Maroko melaju ke perempat final Piala Dunia 2022 mempersatukan Bangsa Arab. Negara-negara Arab bersatu mendoakan Singa Atlas meraih hasil terbaik di Qatar. Foto: calciomercato.com
A A A
DOHA - Sukses Maroko melaju ke perempat final Piala Dunia 2022 mempersatukan Bangsa Arab. Negara-negara Arab bersatu mendoakan Singa Atlas meraih hasil terbaik di Qatar.



Maroko melenggang setelah membuat kejutan dengan membungkam salah satu unggulan, Spanyol lewat drama adu penalti dengan skor 3-0. Ini menjadi sukses perdana Negeri Maghribi itu melaju ke perempat final Piala Dunia.

Mereka juga menjadi tim Afrika keempat yang berhasil menembus perempat final dalam sejarah Piala Dunia setelah Kamerun (1990), Senegal (2002), dan Ghana (2010).

Walid Regragui turut mengukir sejarah menjadi pelatih Afrika pertama yang membawa pasukannya lolos ke perempat final Piala Dunia.

Tidak mengherankan jika negara-negara Arab menyampaikan ucapan selamat kepada Maroko. Walau masih belum jadi juara, torehan ini dinilai sangat membanggakan.

“Para menteri negara Arab menyampaikan ucapan selamat yang paling hangat untuk Maroko, termasuk Raja, pemerintah, dan rakyat, setelah kualifikasi bersejarah tim sepak bola nasional untuk perempat final Piala Dunia,” kata Menteri Kebudayaan, Pemuda, dan Komunikasi Maroko, Mohammad Mahdi Bensaid, dikutip Morocco World News.

Bensaid menambahkan, para menteri mengungkapkan kegembiraan dan kebanggaan yang besar atas pencapaian Singa Atlas, dan menekankan bahwa seluruh Dunia Arab merayakan kemenangan Maroko.

Pernyataan tersebut disampaikan para menteri dalam Konferensi Menteri yang Bertanggung Jawab atas Urusan Kebudayaan di Dunia Arab edisi ke-23, yang berlangsung di Riyadh, Arab Saudi.

Bukan hanya para menteri, para keluarga kerajaan Arab pun ikut “paduan suara” mendukung Timnas Maroko pada Piala Dunia 2022.

Sheikha Moza binti Nasser, istri mantan Emir Qatar, Hamad Ben Khalifa, memposting gambar di Instagram di mana dia mengenakan simbol merah Maroko, memuji Singa Atlas Maroko, dengan caption, “Selamat kepada Timnas Maroko karena lolos ke perempat final.”

Ada juga unggahan Permaisuri Yordania Rania Al Abdullah yang menyerukan kebahagiaannya atas sukses Maroko. “Singa Atlas, kamu membuat kami bahagia, Wow! #Maroko kamu melakukannya lagi,” tulisnya di Twitter.

Putri Sheikha Moza, Sheikha Al Mayassa Binti Hamad-al Thani ikut-ikutan menyampaikan
ucapan selamatnya. Menurutnya, ini adalah sukses bangsa Arab dan Afrika.

Dia menyoroti fakta Maroko adalah negara Arab pertama dan negara Afrika keempat yang berhasil mencapai perempat final Piala Dunia.

Sang putri juga mengenang tembakan penalti kemenangan Achraf Hakimi melawan Spanyol. “Gol terakhir yang membuat sejarah,” katanya di Instagram.

Sebelumnya, Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani muncul dalam sebuah video baru yang menunjukkan dia dengan hormat merayakan kemenangan Maroko melawan Spanyol. Ini bukan pertama kalinya dia terekam mendukung Hakim Ziyech dkk.



Sepanjang Piala Dunia 2022, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani tampil mengibarkan bendera Maroko dan tertawa serta tersenyum ke arah kamera dan fans Maroko mendukung upaya para pemain.

(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)