BWF World Tour Finals 2022: Skenario Wakil Indonesia Bisa Lolos Semifnal Hari Ini

Jum'at, 09 Desember 2022 - 07:30 WIB
loading...
BWF World Tour Finals 2022: Skenario Wakil Indonesia Bisa Lolos Semifnal Hari Ini
Jalan ganda putri Apriyani/Rahayu menuju semifinal BWF World Tour Finals 2022 cukup berat/Foto/PBSI
A A A
BANGKOK - Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan menjadi wakil Indonesia pertama lolos semifinal BWF World Tour Finals (WTF) 2022 . Enam wakil Indonesia lainnya masih berpeluang lolos di pada laga terakhir penyisihan Grup yang digelar hari ini, Jumat (9/12/2022) mulai pukul 11.00 WIB di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand.

Ahsan/Hendra mengamankan poisis dua teratas Grup B dengan torehan dua kemenangan, Kamis (8/12/2022). Enam wakil Tim Merah-Putih lainnya juga masih punya peluang untuk mendapatkan tiket ke semifinal turnamen bulu tangkis penutup tahun itu yang akan ditentukan dalam laga terakhir fase grup yang dihelat, Jumat (9/12/2022).



Skenario wakil Indonesia yang lolos bisa diketahui hari ini. Sebelum itu, sebagai informasi, penilaian pada fase grup WTF 2022 ini untuk dua pemain yang memiliki poin yang sama adalah dengan head to head. Jika masih sama, maka yang dihitung adalah selisih gim. Jika masih sama juga, maka selanjutnya yang diadu adalah selisih skor.

Pertama, Indonesia sebenarnya telah memastikan minimal satu wakil dari tunggal putra di semifinal World Tour Finals 2022. Sebab, dua tempat kini akan diperebutkan tiga pemain yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Loh Kean Yew.



Syarat mutlak Ginting dan Jonatan bisa lolos bersamaan dari Grup B adalah mereka harus bisa memenangi laga terakhir atas lawannya masing-masing. Khusus Jonatan, syarat mutlaknya ia harus menang straight gim atas Chou Tien Chen.

Sementara, Ginting hanya butuh kemenangan atas Loh Kean Yew untuk lolos otomatis ke semifinal. Jika salah satu diantara mereka ada yang kalah maka perhitungan selisih gim akan sangat menentukan nasib kelolosan mereka.

Kedua, tunggal putri Indonesia yakni Gregoria Mariska Tunjung akan menentukan nasibnya sendiri untuk melaju ke semifinal. Satu-satunya jalan lolos dari fase grup adalah Gregoria harus memenangkan pertandingan kontra Akane Yamaguchi di laga terakhir Grup A.

Hal serupa juga dialami ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang kini duduk di posisi runner-up Grup A. Satu-satunya syarat agar mereka bisa membukukan tiket semifinal adalah memenangkan laga pamungkas kontra Thom Gicquel/Delphine Delrue dari Prancis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)