Beritakan Maroko ke Semifinal Piala Dunia, Direktur Stasiun TV di Aljazair Dipecat

Selasa, 13 Desember 2022 - 08:03 WIB
loading...
Beritakan Maroko ke Semifinal Piala Dunia, Direktur Stasiun TV di Aljazair Dipecat
Pemerintah Aljazair memecat Chabane Lounakel dari jabatannya sebagai direktur penyiaran stasiun televisi milik negara (EPTV) setelah memberitakan keberhasilan Maroko ke semifinal di Piala Dunia 2022 / Foto: Twitter Équipe du Maroc (@EnMaroc)
A A A
ALGIERS - Pemerintah Aljazair memecat Chabane Lounakel dari jabatannya sebagai direktur penyiaran stasiun televisi milik negara (EPTV) setelah memberitakan keberhasilan Maroko ke semifinal di Piala Dunia 2022 . Saat ini posisinya diisi oleh Nadir Boukabes.

Maroko dan Aljazair terlibat perseteruan dalam memperebutkan tanah Sahara Barat. Wilayah di Pantai Atlantik Afrika itu dianggap aset bernilai lantaran kaya akan kandungan fosfat dan wilayah perairan untuk menangkap ikan.

Maroko menyatakan bahwa Sahara Barat adalah wilayah mereka dan menawarkan otonomi penuh. Situasi menjadi pelik karena tanah tersebut disengketakan oleh Front Polisario yang didukung pemerintah Aljazair.

BACA JUGA: Kisah Timnas Prancis: Sukses Berkat Jasa Imigran dari Zidane hingga Mbappe

Kedua negara tersebut juga bersitegang usai kebakaran hutan terjadi di sebelah utara Aljazair. Maroko dan Aljazair saling menyalahkan atas terjadinya kebakaran hutan tersebut.

Tak sampai di situ, Maroko juga menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. Hal itu tidak disenangi oleh Aljazair karena Israel dianggap sebagai negara musuh.

Alhasil pemerintah Aljazair memutus hubungan diplomatik dengan Maroko. Pemerintah melarang segala hal berunsur Maroko di Aljazair, termasuk pemberitaan olahraga selama Piala Dunia 2022.

BACA JUGA: Jadwal Argentina vs Kroasia, Lionel Messi Waspadai Lini Tengah Vatreni

Direktur penyiaran stasiun milik pemerintah, Chabane Lounakel, kemudian kebobolan. Stasiun tempat dirinya bekerja, EPTV melaporkan kelolosan Maroko ke semifinal Piala Dunia 2022.

Dilansir Morocco World News, Selasa (13/12/2022), Lounakel sebagai pimpinan direksi di EPTV pun dipecat. Kantor berita Aljazair, APS menyebut bahwa posisi Direktur Penyiaran EPTV kini diisi oleh Nadir Boukabes.

Laporan itu tidak merinci alasan pemecatan Lounakel, namun besar kemungkinan disebabkan pemberitaan keberhasilan Maroko menembus semifinal Piala Dunia 2022. Pasalnya, bukan sekali dua kali pemerintah Aljazair melakukan hal serupa.

Pada babak penyisihan grup, stasiun TV Aljazair TV 2 Algerie menuai kontroversi karena memberitakan kemenangan 2-0 Maroko atas Belgia. Kontroversi itu pun menuai pro dan kontra karena di sisi lain, masyarakat Aljazair juga banyak yang ikut girang karena Maroko berhasil mewakili Afrika di semifinal Piala Dunia untuk pertama kali dalam sejarah.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)