Leo Santa Cruz Lepas Sabuk Kelas Bulu Super, Leigh Wood Juara WBA

Selasa, 13 Desember 2022 - 16:16 WIB
loading...
Leo Santa Cruz Lepas Sabuk Kelas Bulu Super, Leigh Wood Juara WBA
Leo Santa Cruz Lepas Sabuk Kelas Bulu Super, Leigh Wood Juara WBA/BoxinG Scene
A A A
Leo Santa Cruz melepas sabuk juara kelas bulu super yang membuka jalan bagi Leigh Wood menjadi juara WBA penuh. Leigh Wood kini bebas mengejar pertarungan apa pun yang dia inginkan sebagai pemegang sabuk juara kelas bulu super WBA penuh yang diakui.

Cobaan selama setahun dalam menunggu status pertarungan konsolidasi gelar kelas bulu WBA berakhir dengan Leo Santa Cruz melepaskan gelar Super miliknya. Keputusan itu terungkap Senin selama Konvensi Centennial WBA di Orlando, Florida, Amerika Serikat.



Keputusan itu muncul beberapa jam sebelum tawaran bayaran yang sekarang dibatalkan yang dijadwalkan untuk menentukan hak promosi untuk pertarungan yang telah kedaluwarsa. Pejabat WBA mengakui menerima surat yang diajukan oleh tim Santa Cruz, yang mengonfirmasi rencananya untuk menanggalkan gelarnya.

Pemberitahuan tersebut disertai dengan permintaan untuk naik peringkat di divisi ringan junior seberat 58,9 kg, tempatnya berkampanye sejak 2019. Perkembangan tersebut memperjelas kelas bulu, salah satu dari tujuh divisi yang masih mengklaim dua pemegang gelar WBA yang diakui lebih dari setahun setelah badan sanksi meluncurkan kampanye pengurangan gelar.

Leigh Wood yang memiliki rekor 25-2 (14 KO) naik menjadi pemegang gelar kelas bulu WBA penuh, setelah sebelumnya memegang gelar sekunder 'Reguler'. Santa Cruz yang memiliki rekor 38-2-1 (19KO) sebelumnya memegang gelar kelas bulu WBA 'Super' sejak Januari 2017, meskipun ia belum pernah bertarung lagi sejak Februari.

Kesenjangan yang panjang antara mempertahankan gelar mendorong WBA untuk mendapatkan komitmen dari juara empat divisi, yang tiga pertarungan terakhirnya terjadi di kelas ringan junior. Santa Cruz meyakinkan badan sanksi secara tertulis Desember lalu tentang niatnya untuk kembali ke kelas bulu.



Komitmen tersebut menempatkannya pada tantangan untuk menghadapi pemenang pertarungan gelar WBA 'Dunia' (Reguler) antara pemegang gelar sekunder Leigh Wood dan Michael Conlan yang saat itu tak terkalahkan pada 12 Maret lalu di kampung halaman Wood, Nottingham.

Bentrokan epik mereka membuat Wood pulih dari knockdown babak pembukaan dan defisit kartu skor untuk balik menjatuhkan Conlan di ronde ke-12. Kemenangan tersebut menandai pertahanan pertama dari gelar sekunder yang dia klaim dalam KO ronde ke-12 dari Xu Can pada 31 Juli lalu di Brentwood, Essex, Inggris.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)