Kinerja Wasit Buruk, Klub Liga 1 Ramai-ramai Ajukan Aduan ke PT LIB

Kamis, 15 Desember 2022 - 06:03 WIB
loading...
Kinerja Wasit Buruk, Klub Liga 1 Ramai-ramai Ajukan Aduan ke PT LIB
PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) telah menerima surat dari beberapa tim Liga 1 terkait kinerja wasit/Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) telah menerima surat dari beberapa tim Liga 1 terkait kinerja wasit. Klub mengadukan ketidakpuasannya atas sejumlah keputusan pengadil di lapangan.

Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus mengatakan beberapa tim menyatakan ketidakpuasannya terkait kepemimpinan beberapa wasit. Pihaknya menampung keberatan itu dan permasalahannya diteruskan ke PSSI.



Salah satu tim yang tidak puas kinerja wasit adalah Persebaya Surabaya. Pelatih Persebaya Aji Santoso kesal dengan kepemimpinan wasit Ginanjar Rahmat yang menjadi pengadil dalam laga kontra Persik Kediri. Pertandingan itu dalam pekan ke-14 Liga 1 2022-2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (13/12/2022).



Kejadiannya, pada menit tambahan waktu babak kedua pemain Persebaya Ahmad Nufiandani yang bermanuver di kotak penalti dan dijatuhkan oleh kiper Persik, Dikri Yusron. Namun, wasit tidak menunjuk titik putih penalti karena dianggap tidak pelanggaran.

Ferry Paulus mengatakan pihaknya menampung keluh kesah terkait kinerja wasit. Oleh karena itu, PT LIB telah meneruskannya kepada PSSI untuk menindaklanjutinya.

"Ada beberapa yang bersurat ke PT LIB. Kami sudah menyampaikan ke PSSI. Sebab, wasit ini tanggung jawabnya bukan di PT LIB, ada di ranah Komite Wasit," kata Ferry Paulus di Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan mengakui bahwa keputusan wasit kerap menimbulkan kontroversi dalam beberapa laga. Menurutnya, hal itu akibat Liga 1 sempat jeda selama dua bulan akibat tragedi Kanjuruhan.

"Setelah dua bulan berhenti, ada hal-hal yang kurang sempurna kembali. Ini sudah saya perintahkan komite wasit untuk segera menindaklanjuti hal-hal yang kontroversial," kata Mochamad Iriawan.

"Tentu banyak yang menjadi permasalahan dalam berjalannya Liga 1. InsyaAllah ke depan terus akan kami perbaiki," tambahnya.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)