Francesco Bagnaia: MotoGP Indonesia Momentum Sukses Ducati Musim Ini

Sabtu, 17 Desember 2022 - 04:00 WIB
loading...
Francesco Bagnaia: MotoGP Indonesia Momentum Sukses Ducati Musim Ini
Francesco Bagnaia: MotoGP Indonesia Momentum Sukses Ducati Musim Ini
A A A
BOLOGNA - Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia , bercerita mengenai pasang surut timnya sebelum akhirnya sukses mengunci gelar juara MotoGP 2022. Pembalap yang akrab disapa Pecco itu mengatakan seri balapan di Indonesia menjadi titik bangkit Ducati.

Ya, Bagnaia adalah kampiun MotoGP 2022. Namun untuk merengkuh titel tersebut, murid Valentino Rossi ini harus melewati rintangan yang berat. Pecco harus terseok-seok lebih dulu di awal musim.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Pakai Nomor 1 di MotoGP 2023

Sampai-sampai dia sempat tidak menjadi penantang gelar karena poinnya tertinggal cukup jauh dari rivalnya Fabio Quartararo. Tapi secara mengejutkan Bagnaia berhasil bangkit di paruh musim.

Hingga akhirnya Pecco juara dengan mengemas 265 poin, tujuh kemenangan, dan 10 podium. Tak hanya itu saja, Ducati juga menjuarai konstruktor di musim 2022.

Bagnaia pun menceritakan kerja keras Ducati untuk mencapai semua hasil manis tersebut. Menurutnya, musim lalu benar-benar seperti roller coaster. Pecco mengungkapkan bahwa setelah MotoGP Indonesia, timnya berhasil menemukan racikan formula yang tepat hingga akhirnya bisa sukses sampai akhir musim.

“Ini pasti adalah pencapaian yang besar. Ketika saya selesai di Valencia saya menyadari bahwa saya akhirnya berhasil. Ini musim yang sangat rumit, penuh pasang surut,” kata Bagnaia, dikutip dari Speedweek, Jumat (16/12/2022).

“Di awal musim saya kesulitan memahami motornya. Kami butuh beberapa saat untuk membuat semuanya bekerja. Di Indonesia kami kemudian mengambil jalan berbeda yang membawa kami pada kesuksesan besar ini,” lanjutnya.

Kendati begitu, Pecco mengakui bahwa dia melakukan kesalahan besar yaitu pada seri balapan di Prancis dan Jerman. Namun berkat kerja kerasnya dan seluruh tim, Ducati akhirnya bisa menjadi raja MotoGP 2022.

“Namun sayangnya, saya melakukan dua kesalahan serius, di Le Mans dan di Sachsenring. Kesalahan yang membuat kami kehilangan banyak poin,” ungkapnya.

“Tetapi pada akhirnya membuat segalanya menjadi lebih baik. Kembalinya seperti itu tidak bisa dipercaya untuk seluruh tim. Sungguh luar biasa bahwa tidak ada yang menyerah,” pungkas Bagnaia.

Musim 2022 bisa dibilang menjadi musim emas bagi tim yang bermarkas di Borgo Panigale tersebut. Karena mereka tidak hanya menjadi raja di kelas utama saja melainkan juga di WSBK. Pembalap mereka yaitu Alvaro Bautista berhasil keluar sebagai kampiun musim ini. Dengan begitu, Ducati menyabet tiga mahkota juara.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)