Profil Szymon Marciniak, Wasit Galak asal Polandia yang Pimpin Final Piala Dunia 2022

Jum'at, 16 Desember 2022 - 17:30 WIB
loading...
Profil Szymon Marciniak, Wasit Galak asal Polandia yang Pimpin Final Piala Dunia 2022
Profil Szymon Marciniak, Wasit Galak asal Polandia yang Pimpin Final Piala Dunia 2022. Foto: Reuters
A A A
DOHA - Tim Nasional (Timnas) Prancis akan menghadapi Argentina di partai final Piala Dunia 2022 . Wasit asal Polandia, Szymon Marciniak, ditunjuk sebagai pengadil pada laga besar tersebut.

Bentrokan antara Prancis kontra Argentina akan terjadi di Stadion Lusail, Doha, Qatar, Minggu (18/12/2022). Kedua kesebelasan akan memperebutkan gelar ketiga mereka sepanjang partisipasi mereka di Piala Dunia.



Jelang pertandingan ini, kualitas wasit menjadi sorotan. Bahkan, tak sedikit yang menduga jika terdapat wasit yang menguntungkan salah satu pihak. FIFA pun menunjuk Marciniak yang diharapkan mampu bertindak adil.

Pria berusia 41 tahun itu telah menjadi ofisial yang terdaftar di FIFA pada 2013. Sebelumnya, dia memulai kariernya sebagai pengadil lapangan di liga papan atas Polandia pada 2009.

Marciniak juga sudah cukup berpengalaman di pentas internasional. Tercatat, dia juga menjadi wasit pada tiga pertandingan Piala Eropa 2016 lalu, berikut beberapa laga Liga Champions.

Sepanjang Piala Dunia 2022 sendiri, Marciniak sudah turun di dua pertandingan. Menariknya, dia menjadi pengadil yang melibatkan dua finalis turnamen terbesar di dunia ini.

Pada fase grup, Marciniak sempat menjadi wasit pada laga antara Timnas Prancis melawan Denmark. Selain itu, dia juga memimpin pertandingan babak 16 besar, ketika Timnas Argentina menaklukkan Australia.

Dari kedua pertandingan itu. Marciniak dapat memberi penampilan bagus. Dia cukup tegas, walau tak terlalu ketat, dengan memberikan lima kartu kuning dan belum pernah mengeluarkan kartu merah.

Hingga tahap turnamen ini, Marciniak berhasil menyelesaikan pertandingan tanpa menimbulkan kontroversi besar. Nantinya, Marciniak akan didampingi kompatriotnya, Pawel Sokolnicki dan Tomasz Listkiewicz, sebagai hakim garis.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4233 seconds (0.1#10.140)