Jumlah Gol Mbappe dan Messi Sama, Siapa Dapatkan Sepatu Emas?

Sabtu, 17 Desember 2022 - 03:00 WIB
loading...
Jumlah Gol Mbappe dan Messi Sama, Siapa Dapatkan Sepatu Emas?
Lionel Messi dan Kylian Mbappe akan berebut Sepatu Emas atau Golden Boot di final Piala Dunia 2022. Foto: Twitter
A A A
DOHA - Prancis akan menghadapi Argentina di final Piala Dunia 2022 . Bukan hanya gelar juara, pemain dari kedua sisi akan saling memperebutkan titel Golden Boot atau Sepatu Emas.



Setiap edisi Piala Dunia, FIFA selalu memberikan piala Golden Boot atau Sepatu Emas. Penghargaan ini biasanya diberikan kepada pemain dengan torehan gol terbanyak.

Namun, untuk edisi 2022 perhitungannya akan sedikit berbeda. Banyaknya gol saja masih belum cukup, karena sekarang jumlah assist dan menit bermain juga akan dihitung.

Ini agar hanya ada satu pemain yang memenangkan Golden Boot di Piala Dunia 2022. Sebab, di masa lalu, ada saat dimana penghargaan ini dibagi kepada beberapa pemain sekaligus.

Seperti pada Piala Dunia 1994, ada dua pemain yang memperoleh Golden Boot. Mereka adalah Oleg Salenko dan Hristo Stoichkov yang sama-sama mengoleksi empat gol.

Itu sebabnya FIFA membuat sistem agar hanya satu pemain yang berhak mendapatkannya. Jika jumlah gol yang dibuat sama, maka Golden Boot akan diberikan pemain yang mencatat assist terbanyak.

Apabila jumlah gol dan assist masih sama, maka menit bermain yang akan dihitung. Pemain dengan menit paling sedikit yang dianggap berhak memperoleh penghargaan itu.

Messi dan Mbappe menjadi kandidat utama untuk merebut Golden Boot. Pasalnya, mereka berdua sama-sama sudah mengoleksi lima gol pada Piala Dunia 2022.

Nmaun, Messi sudah mencatat tiga assist dan bermain selama 570 menit. Sementara Mbappe baru dua assist dengan penampilan selama 477 menit.



Jika itu tak berubah, maka Messi yang berhak mendapat Golden Boots. Namun, jika Mbappe menyumbang setidaknya satu assist lagi, maka dia yang akan terpilih.

(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2549 seconds (0.1#10.140)