Kalahkan CLS, Hangtuah Buka Pintu Playoff

Sabtu, 07 Maret 2015 - 21:46 WIB
Kalahkan CLS, Hangtuah Buka Pintu Playoff
Kalahkan CLS, Hangtuah Buka Pintu Playoff
A A A
SEMARANG - Hangtuah Sumatera Selatan Indonesia Muda membuka pintu plafoff National Basketball League (NBL) Indonesia 2014-2015. Hasil ini mereka peroleh setelah berhasil memetik kemenangan penting usai mengalahkan Satya Wacana ACA LBC Salatiga, dengan skor 77-57 dalam lanjutan Seri VII Semarang.

Dengan kemenangan yang terjadi di GOR Sahabat itu membuat Hangtuah makin mantap di posisi keenam klasemen sementara dengan raihan 33 poin dari 22 laga (11-11). Selain itu, Hangtuah punya keunggulan head-to-head atas Satya Wacana (2-0).

Penampilan impresif ditunjukkan Yan Stiven Pattikawa yang sukses mencatatkan double-double di laga ini. Power forward kelahiran Jakarta itu mengemas 13 poin ditambah 12 rebound dengan minute play 29 menit 31 detik. Selain Pattikawa, Airlangga Sabara mencatatkan poin terbanyak untuk Hangtuah dengan 16 poin, disusul Richardo Orlando Uneputty (13 poin), dan Andrie Ekayana (11 poin).

Hangtuah melesat di awal kuarter pertama. Free throw Ahmad Junaedi melengkapi keunggulan Hangtuah, 7-0. Kebuntuan Satya Wacana dipecahkan oleh Yo Sua yang mencetak 2-point jump shot dan merubah skor menjadi 2-7. Setelah itu, Hangtuah yang memimpin jalannya pertandingan. Yan Stiven Pattikawa melebarkan jarak menjadi 8 poin (22-14) lewat 2-point jump shot. Hangtuah memimpin di kuarter pertama ini.

Di kuarter kedua, permainan semakin memanas. SatyaWacana mencetak 15 poin, dan dibalas 14 poin oleh Hangtuah. Luthfianes Gunawan memperkecil jarak menjadi 7 poin (29-36) melalui free throw. Respati Ragil Pamungkas sebenarnya punya kesempatan mengikis defisit skor, namun tembakan tiga angkanya gagal menemui sasaran. Hangtuah menutup kuarter kedua dengan keunggulan 36-29. Ricardo Orlando Uneputty menyumbangkan 5 poin untuk Hangtuah di kuarter ini.

Memasuki kuarter ketiga, Hangtuah belum terbendung. Di sisa 35 detik, Airlangga Sabara mencetak 2-point jump shot yang membuat margin 9 poin (54-45). Hingga buzzer kuarter ketiga berbunyi, Hangtuah tetap memimpin 54-45. Airlangga Sabara rajin mencetak poin bagi Hangtuah di kuarter ini dengan mengemas 10 poin.

Satya Wacana semakin berat mengejar defisit skor saat Firman Nugroho dan Yoppi Giay terpaksa keluar lapangan karena foul out. Hangtuah berhasil memanfaatkan momentum ini. Mereka akhirnya bisa unggul jauh atas Satya Wacana. Tambahan 23 poin membuat Hangtuah akhirnya bisa mengakhiri perlawanan Satya Wacana. Free throw dari Airlangga Sabara menutup laga untuk keunggulan Hangtuah dengan margin 20 poin (77-57).

”Kunci kemenangan kami kali ini karena anak-anak bisa menghentikan shooter milik Satya Wacana. Meski menang tapi belum lega, karena kami menelan kerugian satu game setelah kalah dari Pelita Jaya,” ungkap Tondi Raja Syailendra, head coach Hangtuah.

Pada musim reguler 2014-2015 ini, lanjut Tondi, Hangtuah tak hanya mematok target lolos playoff. Namun, memperbaiki posisi dengan mengincar target finis di peringkat kelima pada akhir musim reguler nanti.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9468 seconds (0.1#10.140)