Jonatan Christie Nomor 3 Dunia Pekan Depan, Peringkat Tertinggi Sepanjang Kariernya

Rabu, 28 Desember 2022 - 09:41 WIB
loading...
Jonatan Christie Nomor 3 Dunia Pekan Depan, Peringkat Tertinggi Sepanjang Kariernya
Jonatan Christie akan mencatat sejarah baru sepanjang kariernya di dunia bulu tangkis/PBSI
A A A
JAKARTA - Jonatan Christie akan mencatat sejarah baru sepanjang kariernya di dunia bulu tangkis. Tunggal putra andalan Indonesia itu diprediksi akan naik ke peringkat 3 dunia BWF pada pekan depan.

Saat ini pemain yang akrab disapa Jojo berada di urutan empat dunia dengan koleksi 75,812 poin. Hal tersebut tak luput dari pencapaiannya di tahun 2022, yang sukses mencapai tiga partai final secara beruntun.



Jojo lolos final Swiss Open, Korea Open, dan Badminton Asia Championships (BAC) 2022. Pemain kelahiran Jakarta ini menjadi juara di Swiss Open. Sementara dua turnamen lainnya, keluar sebagai runner-up.

Meski demikian, peringkat Jojo diprediksi akan naik ke posisi 3 dunia pada pekan terakhir pencairan ranking. Tepatnya pada Selasa 3 Januari 2023 mendatang. Ini akan menjadi pencapaian tertinggi Jojo selama menjadi atlet profesional di dunia tepok bulu.



Pemain berusia 26 tahun itu menggeser posisi yang saat ini dihuni oleh Loh Kean Yew asal Singapura. Jojo berhasil menggeser Loh Kean Yew karena poin dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 dihapus pada pekan terakhir pencairan ranking mendatang.

Pada ajang tersebut Loh Kean Yew tercatat keluar sebagai juara. Karena itu, pencairan poin dari Kejuaraan Dunia 2021 itu akan berefek buruk untuk Loh Kean Yew dan menjadi keuntungan bagi Jonatan.

Tentu saja ini merupakan pencapaian manis untuk seorang Jonatan Christie. Pasalnya, ranking tiga dunia yang akan didapuknya ini menjadi ranking tertingginya selama menjadi atlet profesional bulutangkis.

Selama kariernya, Jojo sudah mencapai 14 partai final dan enam titel juara. Adapun titel bergengsi kompatriot Anthony Sinisuka Ginting ini yaitu menyabet medali emas Asian Games 2018, serta mengantarkan Indonesia juara Piala Thomas 2020.

Diharapkan dengan pencapaian yang akan didapatnya itu, performa Jojo bisa semakin konsisten sehingga peringkatnya bisa terus melesat. Terdekat, dia akan berlaga di Malaysia Open yang berlangsung pada 10-15 Januari 2023 mendatang.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)