alexametrics

Kim Dong Moon, Spesialis Ganda Terhebat Yang Pernah Ada di Bumi

loading...
Kim Dong Moon, Spesialis Ganda Terhebat Yang Pernah Ada di Bumi
Kim Dong Moon, Spesialis Ganda Terhebat Yang Pernah Ada di Bumi/BWF
A+ A-
Kim Dong Moon. Penggemar bulu tangkis dunia pasti mengenal sosok spesialis ganda ini. Kim dikenal sebagai pemain ganda terhebat yang pernah ada di bumi. Di masa jayanya, pemain asal Korea Selatan ini dikenal sangat sulit ditaklukkan baik di event perorangan atau beregu. Saat bermain di ganda campuran, Kim berduet dengan Gil Young Ah mengalahkan rekan dan idolanya sendiri, Park Joo Bong, di final ganda campuran Olimpiade Atlanta 1996. Delapan tahun kemudian, Kim sekali lagi akan berdiri di atas podium di ganda putra - menjadikannya satu-satunya pemain yang memenangkan medali emas terpisah delapan tahun, sebuah rekor yang masih bertahan hingga saat ini.

Baca Juga: Preview Napoli vs AC Milan: Datang Bawa Ancaman Nyata

Dengan Ra Kyung Min, Kim membangun kemitraan yang selalu menang, terbukti hampir tidak terkalahkan. Pada tahun 2003, misalnya, Kim dan Ra menyapu sirkuit, memenangkan 10 gelar beruntun termasuk Kejuaraan Dunia (yang merupakan tambahan dari lima gelar yang dimenangkannya tahun itu di nomor ganda putra). Kim dan Ra dengan demikian menjadi favorit untuk emas Olimpiade Athena, tetapi tersingkir di babak kedua. Tanpa gentar, Kim menang di nomor ganda putra dengan Ha Tae Kwon.

Lihat Grafis: Kemenkes Tetapkan Biaya Rapid Test Tertinggi Covid-19 Rp150.000



Rekornya di Kejuaraan Dunia dan All England sangat menakjubkan. Kim adalah juara ganda di Kejuaraan Dunia pada tahun 1999, dan finalis ganda di edisi berikutnya. Di All England ia dan Ra memenangkan tidak kurang dari empat gelar; pada dua edisi ini (2000 dan 2002) ia memenangkan dua kali lipat. Yang juga mengesankan adalah penampilannya di Asian Games, di mana ia dan Ra memenangkan dua medali emas; dia juga membantu timnya ke kejuaraan tim dua putra.

Sorotan Karir
Olimpiade - Emas (Campuran Ganda - 1996), Emas (Ganda Putra - 2004), Perunggu (Ganda Putra - 2000)
Kejuaraan Dunia - Emas (Ganda Putra - 1999), Emas (Ganda Campuran - 1999); Perak (Ganda Putra - 2001); Perak (Campuran Ganda - 2001); Perunggu (Ganda Putra - 1995)



Penghargaan Utama lainnya:
Asian Games - Emas (Campuran Ganda - 1998); Emas (Campuran Ganda - 2002)
Piala Dunia - Perak (Campuran Ganda - 1995)
Kejuaraan Bulu Tangkis Asia - Juara (Ganda Campuran - 1995, 1998, 1999, 2001, 2004); Juara (Putra Ganda - 1999, 2002)
(aww)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak