Semifinal Piala AFF 2022: Vietnam Belum Kebobolan, Finishing Timnas Indonesia Buruk

Rabu, 04 Januari 2023 - 23:29 WIB
loading...
Semifinal Piala AFF 2022: Vietnam Belum Kebobolan, Finishing Timnas Indonesia Buruk
Pemain Timnas Indonesia Marcelino Ferdinan (kiri) merayakan gol ke gawang Timnas Filipina di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.
A A A
JAKARTA - Bentrokan antara Timnas Vietnam vs Indonesia di semifinal Piala AFF 2022 dipastikan berjalan menarik. Faktanya, Vietnam punya rekor belum kebobolan. Sebaliknya, finishing Timnas Indonesia buruk.

Sebagaimana diketahui, Vietnam sudah memasukan 12 gol dan belum kebobolan. Sementara itu, Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia memasukan 12 gol dan tiga kali kebobolan.



Timnas Indonesia juga disorot karena masalah finishing. Sebut saja di laga teranyar melawan Filipina, Timnas Indonesia menghasilkan 16 peluang mencetak gol tapi cuma menang tipis 2-1.

Disinggung soal itu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong angkat bicara. Menurutnya, statistik memang penting dalam sepak bola, tetapi bukan satu-satunya faktor yang menentukan kemenangan.

Shin Tae-yong menilai lawan-lawan yang dihadapi Vietnam di Grup A tidak berkualitas. Jadi, tim itu tidak mendapatkan ujian berat.

"Menurut saya itu karena lawan Vietnam lemah. Mereka (tim lawan) tidak bisa cetak gol," kata Shin Tae-yong di Jakarta, Rabu (4/1/2023).

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan kekuatan pertahanan sebuah tim tergantung lawan yang dihadapi. Kondisi saat ini yang dialami Vietnam bukan menjadi catatan buatnya.

"Memang tergantung situasi. Itu beda-beda pandangannya," katanya.

Shin Tae-yong mengakui pertahanan Vietnam kuat dalam fase grup Piala AFF 2022. Namun, kondisi itu belum tentu pada laga semifinal leg pertama melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023)

"Saya lihat Vietnam bagus dalam pertahanan, tapi tergantung situasi," Shin Tae-yong kembali menegaskan.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3473 seconds (0.1#10.140)