Jelang Semifinal Piala AFF 2022: Vietnam Cari Pelatih Gantikan Park Hang-seo

Kamis, 05 Januari 2023 - 23:59 WIB
loading...
Jelang Semifinal Piala AFF 2022: Vietnam Cari Pelatih Gantikan Park Hang-seo
Wakil Presiden Federasi Sepakbola Vietnam (VFF), Tran Anh Tu, berencana mencari pelatih baru untuk menggantikan Park Hang-seo / Foto: VFF
A A A
HANOI - Wakil Presiden Federasi Sepakbola Vietnam (VFF), Tran Anh Tu, berencana mencari pelatih baru untuk menggantikan Park Hang-seo . Pernyataan itu muncul jelang laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumaat (6/1/2023).

Pelatih baru itu nantinya bakal punya beban yang berat. Pasalnya, VFF menargetkan Vietnam memenangkan tiket ke putaran final Piala Dunia 2026.

"Sejak Pelatih Park Hang-seo mengumumkan untuk tidak memperpanjang kontrak, meski banyak pekerjaan, kami tetap mempromosikan pencarian pengganti. Saat ini, VFF sedang mengumpulkan berkas dan mengevaluasi kandidat," jelas Tran Anh Tu dikutip dari Soha, Kamis (5/1/2023).

BACA JUGA: Media Vietnam Soroti Perubahan Jadwal Semifinal Piala AFF 2022

"Setelah Piala AFF 2022, akan dikirim ke Dewan Pelatih Nasional untuk melakukan pendekatan kandidat, penilaian dan pemilihan orang yang cocok," sambungnya.

Menurut Tran Anh Tu, pekerjaan ini menciptakan tekanan tertentu pada VFF karena jejak yang ditinggalkan Park Hang-seo sangat besar. Kesuksesan timnas di masa lalu menjadi faktor pendorong bagi VFF untuk berani membidik target yang lebih tinggi di masa depan.

Gaji yang dibayarkan VFF kepada Park Hang-seo saat membarui kontrak sekitar USD50.000 per bulan. Angka ini cukup besar dibandingkan generasi pelatih asing sebelumnya, namun VFF didukung oleh bisnis luar.

BACA JUGA: 3 Rekor Marselino Ferdinan di Timnas Indonesia: Terbaru Kalahkan Rekor Boaz Solossa

Tran Anh Tu menuturkan bahwa situasi ekonomi di Vietnam saat ini sedang sulit, tetapi sponsor dari VFF tetap menjamin. Sedangkan untuk membayar gaji pelatih asing, VFF akan berusaha memenuhinya.

"Ekonomi saat ini juga tidak menguntungkan, sponsor sepak bola Vietnam sendiri sangat bagus di masa lalu, tetapi untuk memiliki pelatih yang baik, mereka harus memiliki banyak uang. Kami tidak bisa meminta pelatih yang bagus dan murah," tegas Tran Anh Tu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)