Presiden Jokowi Apresiasi Pelaksanaan Champion SAC Indonesia

Sabtu, 14 Januari 2023 - 06:45 WIB
loading...
Presiden Jokowi Apresiasi Pelaksanaan Champion SAC Indonesia
Presiden Jokowi saat hadir dalam final Energen Champion SAC Indonesia National Championship di Stadion Madya, Jumat (13/1) sore / Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengapresiasi pelaksanaan Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia. Itu disampaikannya saat menghadiri puncak gelaran National Championship di Stadion Madya GBK, Jumat sore (13/1/2023).

Jokowi menjelaskan bahwa kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air ini sangat dibutuhkan untuk memajukan seluruh lini olahraga. Sebab atletik yang menjadi induk dari semua cabang olahraga. "Sepak bola tanpa sebuah speed atau kecepatan lari, kalah. Futsal juga perlu atletik. Semuanya basic-nya ada di sini, sehingga saya sangat mengapresiasi, menghargai apa yang telah dilakukan oleh PASI. Pembinaan dari bawah, pembinaan dari daerah, pembinaan dari sekolah, pembinaan dari madrasah, bagus sekali," tuturnya.

Jokowi menilai bahwa pembinaan dari daerah sangat penting dilakukan untuk menyaring bibit-bibit di daerah yang memiliki kemampuan terbaik. Selain itu, Presiden melanjutkan, bibit-bibit terbaik tersebut kemudian akan dibina secara khusus oleh PB PASI.

"Ini saya sangat senang sekali apa yang dilakukan oleh PB PASI ini pembinaan dari bawah, pembinaan dari sekolah-sekolah, pembinaan dari madrasah-madrasah yang kompetisinya ada di daerah-daerah. Dari situlah nanti penjaringan bibit-bibit itu akan kelihatan, mana yang bagus ini, Banyuwangi, Jawa Timur, Sumatra Utara, tinggal ngambil PB PASI. Yang bagus-bagus dibina khusus di PB PASI," tutur Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi meminta agar pembinaan dari tingkat paling bawah tidak hanya dilakukan oleh PASI, tetapi juga dilakukan oleh persatuan cabang olahraga lainnya.

"Ini saya kira mestinya tidak hanya di PASI saja, bisa dilakukan di seluruh cabang olahraga dimulai dari tingkat yang paling bawah, entah tingkat kampung, entah tingkat kecamatan, entah tingkat desa, semuanya," ujar Jokowi.

Selain Presiden Jokowi, final Energen Champion SAC National Championship juga dihadiri oleh Ketua Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Luhut Binsar Pandjaitan, Menpora Zainudin Amali, Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno serta Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman.

16 Pelajar Berstatus Champion SAC Indonesia Akan Berangkat Training Camp ke Australia

Rangkaian musim perdana kompetisi atletik pelajar terbesar Tanah Air, Energen Champion SAC Indonesia 2022 mencapai puncaknya. Setelah secara maraton melangsungkan kualifikasi tingkat regional di sembilan qualifiers sejak akhir Agustus hingga Desember 2022. Dilanjutkan dengan fase bergengsi National Championship di Stadion Madya GBK, Senayan, Jakarta yang berlangsung pada 11 hingga 13 Januari 2023.

Masing-masing nomor lomba telah menemukan sosok champion. Mulai dari nomor sprint 100 meter putra dan putri, middle distance 1.000 meter putra dan putri, long jump putra dan putri, shot put putra dan putri, serta relays 4x100 meter putra dan putri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)