Shin Tae-yong Curhat kepada Media Korea Kesulitan Menjaga Psikologis Pemain Timnas Indonesia

Senin, 16 Januari 2023 - 11:00 WIB
loading...
Shin Tae-yong Curhat kepada Media Korea Kesulitan Menjaga Psikologis Pemain Timnas Indonesia
Shin Tae-yong mengakui kesulitan menjaga psikologis para pemain Timnas Indonesia. Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
A A A
JAKARTA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong curhat kepada media Korea Selatan usai gagal di Piala AFF 2022. Dia mengaku kesulitan menjaga psikologis para pemain.



Nasib Shin di kursi kepelatihan Timnas Indonesia di ujung tanduk. Kinerjanya bersama skuad Garuda di Piala AFF 2022 akan dievaluasi oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Shin banjir kritikan, baik dari fans sepak bola Tanah Air maupun media-media massa. Pelatih berusia 52 tahun itu kemudian curhat kepada media Korea Selatan.

Dia mengatakan bahwa bermain untuk Timnas membutuhkan mentalitas kuat. Namun, maalahnya dia kesulitan mengatur atau menjaga psikologis anak asuhnya.

“Bermain untuk Timnas itu tidak main-main, kami harus mengibarkan bendera nasional di dada kami dan memikirkan apa yang harus dilakukan,” kata Shin dilansir Naver.

“Ini adalah kisah yang membutuhkan mentalitas yang kuat, pada akhirnya, sangat menyakitkan saya tidak bisa mengatasi bagian psikologis,” lanjutnya.

Shin juga menceritakan kala memarahi para pemain ketika pulang dari Hanoi, Vietnam usai leg kedua semifinal Piala AFF 2022. Saat itu dia ingin anak asuhnya mengevaluasi diri.

“Saya sangat kecewa dengan situasi ini, tetapi Direktur (Indra Sjafri) adalah yang paling bertanggung jawab dan saya tidak bisa menghindari hal ini,” tuturnya.

“Usai turnamen, sebelum bubar di Bandara, tim berkumpul dan berdiskusi, saya marah dan para pemain kecewa, ‘kita kalah oleh diri kita sendiri, saya harap kalian sadar dengan menyaksikan, video pertandingan, mari evaluasi diri’” ungkap Shin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)