Presiden FIFA Serahkan Langsung Trofi Piala AFF 2022 ke Timnas Thailand

Senin, 16 Januari 2023 - 23:01 WIB
loading...
Presiden FIFA Serahkan Langsung Trofi Piala AFF 2022 ke Timnas Thailand
Presiden FIFA Serahkan Langsung Trofi Piala AFF 2022 ke Timnas Thailand
A A A
RANGSIT - Presiden FIFA, Gianni Infantino menyerahkan langsung trofi juara Piala AFF 2022 kepada Timnas Thailand. Momen tersebut menarik mengingat Piala AFF tidak masuk kalender FIFA.

Momen itu terjadi setelah Infantino juga menyaksikan langsung leg kedua partai final yang digelar di Thammasat Stadium, Rangsit pada Senin (26/1/2023) malam WIB itu.



Partai final itu mempertemukan Timnas Thailand vs Vietnam. Di laga itu, Thailand menang dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Theerathon Bunmathan (24’).

Dengan ini, Thailand berhak atas gelar juara karena menang agregrat dengan skor 3-2. Sebelumnya di leg kedua pada 13 Januari di MyDinh Stadium, Hanoi, kedua tim berakhir dengan skor 2-2.

Meski Piala AFF 2022 bukan bagian dari FIFA Matchday, tapi Presiden FIFA tampak antusias menyaksikan laga ini. Seperti video yang dibagikan laman resmi AFF, tak butuh waktu lama, dia beranjak dari kursinya untuk mengikuti upacara penutupan di lapangan.

Dia langsung menyerahkan trofi tersebut kepada Timnas Thailand sebagai pemilik gelar tahun ini. Ini juga memastikan tim Gajah Perang -julukan Thailand- berhasil mengemas 7 gelar juara Piala AFF sepanjang sejarah.

Seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, Presiden FIFA sangat tertarik dengan sepak bola Asia Tenggara. Puncaknya pasca tragedi Kanjuruhan, dia langsung berkunjung dan menginspeksi ke Indonesia.

Di Piala AFF 2022 , Presiden FIFA menghadiri pertandingan pembukaan di Singapura. Kehadiran beruntun Gianni Infantino di Piala AFF menunjukkan posisi turnamen semakin diapresiasi meski tidak dalam sistem kompetisi FIFA.

Sebelumnya, setelah leg kedua semifinal antara Malaysia dan Thailand, di akun resminya, FIFA memposting video suporter Malaysia yang bersorak untuk Thailand. Laman itu pun menyuarakan perdamaian dari sepak bola.

“Pertandingan yang indah. Fans Malaysia memberikan penghormatan kepada pemain Thailand setelah kalah dari Thailand di AFF Cup,” tulis FIFA sambil mencantumkan tagar #FootballUnitesTheWorld (Sepak bola Menyatukan Dunia).
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1916 seconds (0.1#10.140)