Indonesia Nyaris Podium di ARRC Race 1 Seri Ketiga Suzuka

Sabtu, 04 Juli 2015 - 19:00 WIB
Indonesia Nyaris Podium di ARRC Race 1 Seri Ketiga Suzuka
Indonesia Nyaris Podium di ARRC Race 1 Seri Ketiga Suzuka
A A A
SUZUKA - Pembalap Indonesia dari Astra Honda Racing Team, Dimas Ekky Pratama berhasil menoreh prestasi mengagumkan di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) Race 1 seri ketiga kelas supersport 600 cc di Sirkuit Suzuka, Jepang, hari ini.

Di antara serbuan dan dominasi pembalap tuan rumah, Dimas berhasil masuk di posisi keempat. Ketiga joki Jepang yang berhasil menjuarai Race 1 hari ini adalah Yuki Ito (Petronas Hong Leong Yamaha) disusul Tomoyoshi Koyama (T Pro Yuzy Honda NTS) dan Noriyuki Haga (Team Kagayama Suzuki Asia).

Perjuangan Dimas Ekky menembus posisi 4 tidak mudah. Dia harus memulai balapan dari posisi ke-15 berdampingan dengan pembalap Indonesia lainnya Rafid Topan Sucipto (Team Kagayama Suzuki Asia) di posisi ke-14. (Baca juga: Dua Pembalap Indonesia Masuk 10 Besar Sesi Latihan 3 ARRC Suzuka)

Namun di awal-awal balapan berjalan, Dimas Ekky langsung melompat jauh hingga posisi ke tujuh. Dia bahkan menguntit pebalap Indonesia lainnya yang memulai start dari posisi keenam Ahmad Yudhistira (Manual Tech KYT Kawasaki).

Setelah beberapa lap di belakang Ahmad Yudhistira, Dimas Ekky berhasil merangsek hingga posisi keenam karena Ahmad Yudhistira mengalami gangguan. Berada di posisi keenam, Dimas Ekky langsung mengembangkan kecepatan hingga maksimal.

Guyuran hujan di Sirkuit Suzuka sedikit menguntungkan Dimas Ekky. Beberapa pebalap di depannya banyak mengalami masalah karena terjatuh. Sementara dia sangat stabil hingga akhirnya mampu terus berada di posisi kelima.

Kejutan terjadi ketika pembalap yang tengah memimpin lomba Yuki Takahashi (Musashi Boon Siew Honda Racing) terjatuh. Alhasil, posisi Dimas Ekky langsung terkatrol hingga posisi keempat. Sayangnya, guyuran hujan yang lebat membuat Dimas Ekky tidak berhasil mengejar posisi podium. Ketiga pembalap Jepang sudah terlalu jauh untuk dikejar.

Anggono Iriawan, Senior Manager Motorsport and Safety Riding Department PT Astra Honda Motor (AHM) yang ikut mendampingi Dimas
Ekky gembira dengan hasil yang diraih pebalap asuhannya. Apalagi pada babak kualifikasi Dimas Ekky sempat terjatuh di awal-awal lap
kualifikasi.

"Sebenarnya target kita di seri ketiga Suzuka ini sangat tinggi. Kami awalnya menargetkan bisa podium tapi karena kita mendapatkan hasil kualifikasi yang kurang menguntungkan, raihan ini jadi hal yang menggembirakan," terangnya.

Dia sendiri mengatakan Dimas Ekky bisa menunjukkan semangat yang tinggi dalam Race 1 seri ketiga AARC di Sirkuit Suzuka, Jepang. Apalagi di sirkuit ini pebalap Jepang menunjukkan dominasi yang sangat kuat di tiap babaknya.

"Akhirnya ada juga yang bisa menunjukkan di antara para samurai ada keris yang bisa melawan," terang Anggono.

Untuk Race 2 yang akan berlangsung, Minggu (5/7) besok, Anggono tetap optimis Dimas Ekky akan menunjukkan prestasi yang baik. Meskipun dia
memprediksi hujan lebat akan mengguyur Sirkuit Suzuka. "Sayangnya kita sekali lagi mulai dari posisi 15 saat start. Seandainya raihan hari ini bisa digunakan untuk balap besok," harap Anggono.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6759 seconds (0.1#10.140)