Sama-sama Pacu Motor Baru, Rossi Puas Ungguli Vinales di Tes Sepang

Sabtu, 26 November 2016 - 22:00 WIB
Sama-sama Pacu Motor Baru, Rossi Puas Ungguli Vinales di Tes Sepang
Sama-sama Pacu Motor Baru, Rossi Puas Ungguli Vinales di Tes Sepang
A A A
SEPANG - Aura positif menaungi tim Yamaha Factory Racing dan dua pembalapnya, Valentino Rossi serta Maverick Vinales, setelah mereka menjalani dua hari pengujian tertutup di Sirkuit Sepang, Malaysia, Rabu-Kamis (23-24 November). Pasalnya, mereka sukses menyelesaikan program kerja keseluruhan yang dibebankan timnya.

Ya, hasil dua hari tes privat akhir musim 2016 di Sepang, berujung dengan kesimpulan positif bagi Rossi dan Vinales. Walau pada tes penghabisan musim ini, pasangan tim Yamaha Movistar tersebut hanya ditemani Johann Zarco serta Jonas Folger dari tim satelit Yamaha Tech3.

Satu hal yang menarik ialah, kedua pembalap tim pabrikan Yamaha sudah bisa memacu edisi terbaru (2017) dari motor prototipe YZR-M1. Ini merupakan pengujian pertama kalinya motor edisi 2017 Yamaha oleh Rossi dan Vinales. Karena pada tes sebelumnya di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pekan silam. Vinales hanya menjajal YZR-M1 edisi 2016. Yamaha memang hanya memberi motor lawas bagi pembalap baru pengganti Jorge Lorenzo itu, dengan tujuan untuk beradaptasi lebih dulu.

Sedangkan Rossi sudah memakai YZR-M1 edisi 2017, namun hanya versi ‘hybrid’. Namun, di tes tertutup Sepang, baik Rossi maupun Vinales sudah sama-sama memacu motor prototipe terbaru Yamaha, yang mana sudah menggunakan mesin baru dan sasis anyar. Sebelumnya di tes akhir musim Valencia, Rossi sempat mengeluarkan pendapat kalau mesin motor dan sasis Yamaha masih perlu perbaikan. Hanya saja di tes tertutup Sepang, belum satupun personel tim Yamaha mengeluarnya pernyataan resmi.

Seperti dilaporkan GPOne, pada tes yang dilakukan Yamaha selama dua hari ini di Malaysia, Rossi dan Vinales mengaku senang, serta puas dengan performa motor anyar Yamaha YZR-M1 2017.

“Para pebalap memang tak mengeluarkan keterangan resmi. Namun, kami mendapatkan informasi kalau Rossi dan Vinales puas dengan motor baru Yamaha. Selama dua hari, keduanya bisa menguji banyak hal dan merampungkan seluruh program tes dengan hasil yang positif,” tulis GPOne.

Saat pengujian akhir musim di Sepang kali ini, lintasan sempat diguyur hujan pada pagi hari. Namun Rossi dan Vinales, akhirnya bisa segera memacu tunggangannya karena cuaca panas datang, lalu membuat kondisi trek cepat mengering. Mereka sama sekali tidak mengalami gangguan hingga sore hari, dan keduanya mampu melahap lebih dari 60 lap per hari.

Adapun, pada hari kedua tes akhir musim Sepang, Kamis (24/11/2016), Rossi disebut menjadi yang tercepat untuk satu putaran, dengan mencatatkan waktu 2 menit 0,150 detik. Sementara Vinales lebih lambat 0,025 detik dibandingkan Rossi. Cuma, hasil uji tes hari pertama tidak diumumkan pihak Yamaha. Ini artinya, Rossi ganti mengungguli Vinales yang tampil tercepat selama dua hari tes akhir musim Valencia.

Adapun, tes ini juga menjadi terakhir kalinya Rossi dan Vinales melakukan pengujian motor pada kalender 2016. Berdasarkan regulasi MotoGP, semua tim dan pebalap dilarang melakukan uji tes selama musim dingin mulai 1 Desember. Sesi pengujian motor untuk tim dan pembalap, baru akan dibuka kembali di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 30 Januari sampai 1 Februari 2017.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5532 seconds (0.1#10.140)