Satlak Prima Selektif Pilih Atlet

Jum'at, 16 Januari 2015 - 08:55 WIB
Satlak Prima Selektif Pilih Atlet
Satlak Prima Selektif Pilih Atlet
A A A
JAKARTA - Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), Suwarno menjelaskan bahwa penentuan atlet yang dipromosikan ke SEA Games XXVIII di Singapura, Juni mendatang cukup selektif. Salah satu yang menjadi penilaian mantan Wakil Ketua Umum I KONI itu, yakni masalah teknik, fisik, dan mental.

Suwarno menambahkan pelatih juga mendapat perhatian khusus. Mereka perlu dievaluasi dengan harapan mereka lebih mengetahui kondisi serta prestasi anak asuhnya tersebut. Hal ini dilakukan agar target kontingen Merah Putih biasa tercapai di dua tahunan tersebut.

"Upaya menentukan atlet seselektif mungkin dilakukan beberapa cara diantaranya melalui program evaluasi tehknik, fisik dan mental. Begitu juga dengan pelatih yang menangani juga diperlukan evaluasi yang dalam dengan harapan, para pelatih mengetahui lebih dekat kondisi dan prestasi yang dimiliki atletnya selama menempa di Pelatnas," jelas Kasatlak Prima, Suwarno dikutip Satlak Prima, Jumat (16/1/2015).

Lebih lanjut pria berkumis berkata bahwa selain dipantau melalui prestasi yang dihasilkan di tahun sebelumnya, masalah fisik juga dapat dijadikan penilaian terutama saat mereka berada di Pelatnas. Evaluasi tersebut dilakukan melalui beberapa fase umum dan prakompetisi.

Apabila selama pemantauan kondisi fisik, teknik, dan mental atlet cukup memadai, tidak menutup kemungkinan peluang menyuguhkan medali bagi kontingen Indonesia cukup besar.

Berdasarkan strategi tersebut katanya, Satlak Prima bekerja ekstra keras melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala terhadap kondisi fisik atlet. Kemampuan fisik merupakan kunci meraih sukses selain tehknk dan mental tanding.

Semua itu terpantau melalui beberapa pertandingan dimulti event sebelumnya, dimana atlet nasional kondisinya menurun karena faktor fisik. Kondisi seperti itu harus diperbaiki dari jauh hari hingga atlet akan bertolak ke Singapura, Juni 2015.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5851 seconds (0.1#10.140)