Pengadilan Perintahkan Bos Barcelona Disidang

Jum'at, 15 Mei 2015 - 08:50 WIB
Pengadilan Perintahkan Bos Barcelona Disidang
Pengadilan Perintahkan Bos Barcelona Disidang
A A A
Sempat reda oleh penampilan memukau Barcelona pada Primera Liga dan Liga Champions dalam beberapa pekan terakhir, kasus transfer Neymar da Silva Santos Junior kini kembali muncul.

Pasalnya, seorang hakim di Pengadilan Spanyol, Jose de la Mata, meminta para petinggi Barcelona diadili terkait pengelapan pajak saat transfer pemain asal Brasil itu dilakukan dua tahun lalu. De la Mata menyatakan, Josep Maria Bartomeu (presiden saat ini) dan Sandro Rosell (presiden saat transfer Neymar dilakukan) harus menghadapi sidang pengadilan.

Tuduhannya, percobaan mengelabui otoritas pajak Spanyol alias penggelapan pajak. Pengadilan curiga transfer Neymar dari Santos ke El Barcapada musim panas 2013 lebih dari 57 juta euro (45 juta euro untuk ayah Neymar). Kenyataannya, transfer Neymar mencapai 83 juta euro. Artinya, pajak yang harus dibayar Barcelona seharusnya lebih besar.

Jaksa mengungkapkan Barcelona belum membayar pajak sekitar 13 juta euro. Jadi, jika terbukti bersalah, klub yang bermarkas di Camp Nou itu terancam denda hingga 22 juta euro. El Barca hanya memiliki waktu 10 hari untuk mengajukan banding sebelum sidang berlangsung.

Tidak hanya itu, berdasarkan hasil investigasi, aparat Spanyol ter nyata juga menemukan ada tujuh kon trak yang ditandatangani Barcelona dan berbagai perusahaan yang dimiliki ayah Neymar. Ketujuh kontrak tersebut dirancang dengan tujuan yang berbeda. Namun, pada dasarnya semua itu digunakan untuk menyembunyikan biaya transfer Neymar.

Sebenarnya proses kepindahan sang bintang pada musim panas 2013 ditangani Rosell serta Bartomeu (dulu wakil presiden El Barca). Namun, seakan melempar tanggung jawab, beberapa waktu lalu, Bartomeu membantah terkait dengan transfer Neymar. Dia menolak dituduh mengetahui proses kepindahan pesepak bola tim nasional Brasil tersebut.

”Dalam hal ini, dia (Neymar) berasal dari Brasil dan Sandro (Rosell) pernah tinggal di sana. Jadi, dialah yang mengurus semua negosiasi dengan ayah Neymar. Lalu, apakah saya terlibat negosiasi dengan Santos atau ayah Neymar? Tentu saja tidak,” kata Bartomeu, dilansir sport.es.

Berbagai upaya yang dilakukan Barcelona untuk membebaskan Neymar dari kisruh transfer sangat bisa dimengerti. Maklum, pemain berusia 23 tahun tersebut telah menjelma sebagai sosok penting, khususnya atas keberhasilan El Barcamemuncaki klasemen sementara Primera Liga dan melaju ke final Liga Champions.

Statistik musim ini menunjukkan, Neymar telah menghasilkan 47 penampilan pada semua kompetisi. Hasilnya, pemain yang mengenakan nomor punggung 11 itu mampu memproduksi 37 gol. Dia juga sanggup menghasilkan 67 assist. Kegemilangan terkini Neymar terlihat saat Barcelona menyingkirkan Bayern Muenchen dari Liga Champions, Selasa (12/5).

”Neymar pemain penting. Sama pentingnya dengan (Lionel) Messi, (Luis) Suarez, atau pemain Barcelona lain. Musim ini dia menunjukkan diri sebagai salah satu tulang punggung klub ini di Primera Liga dan Liga Champions,” ungkap Luis Enrique, dikutip El Mundo Deportivo.

Alimansyah
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8490 seconds (0.1#10.140)