Timnas Panasi Mesin

Kamis, 21 Mei 2015 - 10:18 WIB
Timnas Panasi Mesin
Timnas Panasi Mesin
A A A
BANDUNG - Tim sepak bola Indonesia yang memasang target medali emas di SEA Games 2015 akan beruji coba dengan timnas Malaysia sebelum ke Singapura. Berada di Grup A, Evan Dimas dkk akan bersaing dengan tuan rumah Singapura, Kamboja, Myanmar, dan Filipina.

Di SEA Games nanti tim Merah Putih akan memulai laga perdana, Senin (1/6). “Uji coba ini menjadi salah satu uji kesiapan kami tampil di SEA Games. Tapi, apa pun hasilnya, target kami adalah emas,” kata Manajer Timnas U-23 Gede Widiade, kemarin.

Sebelum melawan Malaysia di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, sore ini, Garuda Muda sudah melakukan serangkaian uji coba. Salah satunya melawan tim Liga Nusantara Persigar Garut. Dalam laga di lapangan sintetis Football Plus Arena, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (16/5), pasukan Aji Santoso menang dengan skor telak 6-0. Hasil ini membuat Aji langsung melempar pujian. Dia menilai permainan Evan dkk sudah menggembirakan.

“Hasilnya cukup memuaskan. Kerja sama tim antarpemain dari lini belakang hingga depan sudah sesuai keinginan saya,” ungkap Aji, kemarin. Sayang, Garuda Muda memiliki catatan kurang memuaskan melawan Malaysia. Pada 2009, Indonesia kalah 0-1 dari Malaysia. Kekalahan itu berlanjut saat keduanya tampil di SEA Games 2011. Saat itu, Garuda Muda kembali mengalami kekalahan dengan skor akhir 0-1.

Di pertemuan kedua SEA Games 2011, Garuda Mudatak mampu membalas kekalahan setelah pertandingan berakhir imbang 1-1. Skor imbang itu berlanjut saat kedua kesebelasan bertemu di SEA Games 2013. Namun, menurut Aji, uji coba melawan Malaysia bukan sekadar menang atau kalah. Dia akan melihat sejauh mana kemampuan anak asuhnya sebelum melakoni multieventse-Asia Tenggara tersebut.

Terlebih di laga perdana SEA Games 2015, Garuda Mudaakan menghadapi Myanmar pada 2 Juni 2015. Persoalan lain, timnas Indonesia tengah dirundung permasalahan setelah PSSI dibekukan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Konflik tersebut dikhawatirkan memengaruhi mental bertanding skuad Garuda Muda. Namun, Asisten Pelatih Timnas U-23 M Zein Al Haddad memastikan jika permasalahan tersebut tidak akan menurunkan mental para punggawanya.

Evan dkk akan tetap memperagakan permainan terbaik guna menjaga nama baik Indonesia. “Kami tetap melakukan persiapan normal seperti biasanya. Kalau masalah itu (konflik PSSI dan Menpora) sudah ada yang menyelesaikan. Kami di sini tetap mempersiapkan tim dan para pemain tetap mengikuti program yang sudah digariskan sebelumnya,” tutur Al Haddad. Malaysia yang di ajang SEA Games menempati Grup B bersama Thailand, Vietnam, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste menegaskan akan serius melawan Indonesia. Pelatih Ong Kim Swee meminta pasukannya tampil ngotot.

“Saya tidak suka pemain yang tidak serius di pertandingan uji coba, karena berusaha menghindari cedera. Itu tidak benar. Cedera bisa kapan saja terjadi di sepak bola. Saya tidak ingin pemain tak mengeluarkan kemampuan terbaik mereka di laga uji coba,” kata Kim Swee, dikutip The Star. Tim Negeri Jiran sudah melakukan serangkaian uji coba sebelum terbang ke Indonesia. Mereka menggelar pertandingan melawan klub Thailand dan tim lokal Malaysia.

“Melawan Indonesia merupakan ujian yang sempurna sebelum kami menentukan nama pemain. Apalagi, ini pertandingan terakhir sebelum menentukan skuad final untuk SEA Games Singapura. Saya ingin para pemain memberikan kemampuan 100%,” pungkasnya.

Muhammad Ginanjar
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0053 seconds (0.1#10.140)