Bertahan Hidup

Sabtu, 23 Mei 2015 - 11:05 WIB
Bertahan Hidup
Bertahan Hidup
A A A
HAMBURG - Perjuangan menyelamatkan hidup bakal mewarnai partai penutup Bundesliga 2014/2015. Enam tim papan bawah akan mengerahkan segenap kemampuan demi menghindari degradasi. Tim-tim yang dipastikan mengikuti Liga Champions sudah diketahui.

Mereka adalah Bayern Muenchen selaku juara. VfL Wolfsburg dan Borussia Monchengladbach merebut tiket otomatis, dan Bayer Leverkusen mengunci posisi keempat. Rivalitas di sektor ini cuma memperebutkan predikat runnerup antara Wolfsburg dan Monchengladbach. Tidak demikian dengan tim yang akan turun kasta. Hingga jelang laga terakhir, belum ada yang dipastikan terdegradasi.

Peserta yang menempati peringkat 13 sampai 18 terancam terlempar ke divisi lebih rendah. Ini terjadi karena jarak mereka cukup berdekatan. Kontestan yang berjuang menyelamatkan diri, yakni Hertha Berlin (35 angka, -15), Freiburg (34 angka,-10), Hannover 96 (34 angka, -17). Kemudian VfB Stuttgart (33 angka,-19), Hamburger SV (32 angka, -27) dan Paderborn (31 angka, -33).

Dua tim terbawah dipastikan tersisih, sedangkan tim di peringkat 16 berhak mengikuti play-off. Semuanya masih punya kans untuk selamat. Itu pun kalau syaratnya terpenuhi. Paderborn yang notabene juru kunci bisa menjaga asa bila mengalahkan Stuttgart. Itu juga dengan catatan Hamburger SV gagal mendapat angka. Bila itu terpenuhi, Paderborn bisa tetap tampil di Bundesliga melalui play-off. Sayang, Paderborn tidak bisa terlalu berharap.

Hamburger SV pasti tidak akan berdiam diri. Mereka pasti mengincar kemenangan saat menjamu Schalke 04 di Imtech Arena demi menjaga rekor. Tim asuhan Bruno Labbadia itu sedang berusaha menjaga rekornya di Bundesliga. Sejak Bundesliga bergulir pada 1963/1964, Hamburger SV belum pernah terdegradasi.

Die Rothosen menjadi satu-satunya tim yang selalu meramaikan kompetisi tertinggi di Jerman itu. Torehan tersebut dapat berlanjut jika menundukkan Schalke 04, asalkan Stuttgart, Hannover 96, dan Freiburg terpeleset. “Kami berada dalam situasi yang sangat genting. Kami bahkan tidak bisa meraih hasil imbang pada pertandingan ini (melawan Schalke 04).

Kami harus menang jika ingin menjaga peluang bertahan di Bundesliga,” ucap Labbadia, dilansir Bild. Labbadia sampai mempersiapkan pasukannya secara intensif demi meraih angka penuh. Dia membawa para pemain ke tempat rahasia untuk melakukan latihan khusus. Ini diharapkan dapat menjaga konsentrasi serta motivasi.

Hamburger SV perlu persiapan matang karena akhir-akhir ini kondisinya kurang kondusif.Hamburger SV belum pernah menang selama dua penampilan terbaru, yakni imbang 1-1 kontra Freiburg serta dihajar Stuttgart 1-2. Sementara Schalke 04 yang berstatus anggota lima besar dan datang membawa modal kemenangan 1-0 atas Padeborn.

Rafael van der Vaart dkk juga harus mengharapkan keajaiban. Mereka wajib berdoa Freiburg dan Hannover 96 yang bersua di HDIArena bakal saling bunuh. Bila duel tersebut berakhir imbang, Hamburger SV tidak akan mungkin keluar dari zona merah alias hanya bisa naik ke peringkat 16.

M mirza
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2711 seconds (0.1#10.140)